Edisi Cetak Tribun Kaltim

Datangi Acara Kampanye Tidak di Masa Cuti, 5 Anggota DPRD Balikpapan Dianggap Melanggar

Secara aturan, setiap personel DPRD Balikpapan dilarang keras terlibat langsung dalam kegiatan suksesi paslon

Penulis: tribunkaltim | Editor: Januar Alamijaya
Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO - Sebanyak lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan dan ketua tim sukses paslon cagub tertentu terbukti telah melakukan pelanggaran administrasi.

Peristiwa hal ini dibuktikan dari sebuah foto dan saksi mata dari para petugas panwas kecamatan yang berada di lokasi kejadian perkara. 

Saat Tribun bersua dengan Ketua Panwas Balikpapan, Ahmadi Azis, di kantornya Balikpapan Tengah pada Jumat (16/3) pekan lalu.

"Mereka (anggota DPRD Balikpapan) datangi kegiatan kampanye pasangan calon nomor satu. Datang tidak masa cuti," ungkapnya.

Baca: Mengenal Cara Kerja Immobilizer, Fitur Terkini yang Bikin Motor Sulit Dicuri Maling

Secara aturan, setiap personel DPRD Balikpapan dilarang keras terlibat langsung dalam kegiatan suksesi paslon. Panwas temukan laporan, maka menindak berikan hukuman sesuai aturan.

"Nama-nama tidak bisa kami sebut. Tapi mereka berasal dari parpol pendukung dan pengusung paslon nomor satu," ujar Ahmadi.

Sangat tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara untuk kegiatan kampanye paslon gubernur.

"Kami sudah berikan laporan berupa sanski administrasi. Sudah kami laporkan ke KPU untuk kemudian diberikan hukuman," ujar Ahmadi.

Baca: Edan, Mahasiswa Nekat Perkosa dan Bunuh Nenek 63 Tahun

Temuan panwas, kegiatan tersebut dilakukan di daerah Kecamatan Balikpapan Tengah pada Minggu 4 Maret 2018. Acara ini merupakan sosialisasi paslon nomor satu.

"Mereka kami anggap melanggar prosedur adminstratif. Lakukan pertemuan terbatas tanpa lakukan cuti. Kalau mau ikut kampanye silakan saja asalkan sudah cuti," tegas Ahmadi.

Menurut dia, sejak ada kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi anggota dewan lainnya. Kini yang masuk ke Panwas Balikpapan sudah sebagian besar melakukan laporan izin cuti.

"Yang masuk ke kami sudah banyak yang ajukan cuti. Sudah juga disodorkan ke KPU. Kalau sudah cuti tidak akan dipermasalahkan," katanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved