Deportan Jadi Pelaku Kriminal, Kepala KSKP Tunon Taka Beri Arahan

Pengarahan agar tidak menjadi pelaku kriminalitas selama di Nunukan ini diberikan saat para deportan tiba di Pelabuhan Tunon Taka, Kecamatan Nunukan.

Deportan Jadi Pelaku Kriminal, Kepala KSKP Tunon Taka Beri Arahan
HO - Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN).
Ratusan TKI di deportasi pemerintah Malaysia, usai sampai di pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat (19/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN -  Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Tunon Taka, Kecamatan Nunukan, AKP Ibrahim Eka Berlin melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan pengarahan kepada setiap warga negara Indonesia yang dideportasi dari Tawau, Negara Bagian Sabah, Malaysia.

Pengarahan agar tidak menjadi pelaku kriminalitas selama di Nunukan ini diberikan saat para deportan tiba di Pelabuhan Tunon Taka, Kecamatan Nunukan.

Dia mengingatkan para deportan agar melaporkan diri kepada ketua rukun tetangga setempat, setelah mendapatkan jaminan dan dibawa pulang pengurus Tenaga Kerja Indonesia.

Baca: Bantu Pelaku UKM, Jasa Raharja Salurkan Bantuan Pinjaman Ratusan Juta

Sebelum dibawa pulang, para deportan ini terlebih dahulu didata dan diberikan pengarahan oleh petugas di Pelabuhan Tunon Taka

"Untuk menekan itu, setiap kali ada deportasi kami wanti-wanti jangan sampai mereka terlibat kriminalitas ataupun premanisme. Jika ingin kembali ke Malaysia, jalani legalisasi di LTSP. Kalau mau tinggal di Nunukan, jaga kamtibmas. Jangan melakukan perbuatan berdampak hukum," ujarnya, Jumat (20/4/2018).

Para deportan yang harus tinggal di Pulau Nunukan selama beberapa waktu kerap menjadi persoalan.

Mereka memilih melakukan tindakan kriminal karena sejumlah faktor.

Berlin mengungkapkan, sepanjang Januari - Februari 2018, dari dua kasus pencurian di wilayah hukum yang dipimpinannya, seluruh pelakunya merupakan deportan.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved