Sudah Ribuan Warga PPU Terima Peserta Bantuan Iuran APBD

Jumlah ini akan terus bertambah apalagi PBI APBD ini diberikan secara gratis dan iuran bulanan ditanggung Pemkab PPU

Sudah Ribuan Warga PPU Terima Peserta Bantuan Iuran APBD
Tribun Kaltim/Samir
Agus Purwanto 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO - Dinas Sosial melalui Satuan Tugas (Satgas) Penajam Paser Utara (PPU), telah membagikan kartu Peserta Bantuan Iuran (PBI) APBD sebanyak 8.948 kepada warga tidak mampu.

Jumlah ini akan terus bertambah apalagi PBI APBD ini diberikan secara gratis dan iuran bulanan ditanggung Pemkab PPU melalui APBD.      

Koordinator Satgas PBI APBD, Agus Purwanto, Jumat (20/4/2018) menjelaskan, jumlah kartu PBI APBD itu merupakan program pemerintah daerah sebagai pengganti peserta Jamkesda yang telah dialihkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Baca: Tepat 21 April, Kamu yang Bernama Kartini Bisa Sarapan Gratis Sepuasnya di Hotel Ini

Ia mengungkapkan, sejak 1 April lalu jumlah warga yang telah menerima kartu BPJS melalui PBI APBD sudah mencapai 8.948 orang.

Namun ia menjelaskan, bila pemegang kartu PBI APBD telah meninggal dunia maka pihak keluarga akan mengembalikan kartu tersebut.

"Jadi sudah ada 4 kartu yang sudah dikembalikan pihak keluarga pada tahun lalu karena sudah meninggal dunia. Untuk tahun ini belum ada. Sementara yang pindah keluar sebagai warga PPU maka tim akan memblokir kartu mereka sehingga tidak bisa digunakan lagi," katanya.

Baca: Ada 10 Nama Disebut Terlibat, KPK Siapkan Strategi dan Taktik untuk Lanjutakn Kasus Bank Century

Agus mengatakan, pihaknya secara berkala juga akan melakukan verifikasi dan validasi ulang kartu PBI yang telah diberikan kepada warga.

Bila nanti ternyata ada warga yang meninggal namun kartu mereka belum dikembalikan, maka pihaknya akan menarik atau memblokir kartu tersebut.

Selain PBI APBD lanjutnya, pihaknya juga menangani PBI APBN yang dibiayai pemerintah pusat.Sampai sekarang tercatat 61.681 warga yang masuk data penerima subsidi iuran BPJS.

Baca: Hari Konsumen Nasional 2018 Jatuh Hari Ini, Berikut Hal-hal yang Perlu Diketahui

Namun ia mengatakan, setelah dilakukan verifikasi dan validasi ada sekitar 9.620 warga telah meninggal dunia maupun pindah, sehingga tahun ini juga mengusulkan pergantian sesuai dengan jumlah warga yang dicoret dari peserta PBI APBN. "Mudahan bulan depan kartu itu sudah bisa kami bagikan.

Yang jelas kami usulkan sesuai jumlah warga yang dicoret karena meninggal dunia maupun pindah keluar dari PPU," ujarnya. 

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved