Organisasi Asal Surabaya Bantu Pembangunan Toilet di Taman Cerdas Samarinda

Dengan demikian, Taman Cerdas yang berada tepat di samping rumah jabatan Walikota Samarinda ini memiliki total 3 buah toilet.

Organisasi Asal Surabaya Bantu Pembangunan Toilet di Taman Cerdas Samarinda
Tribun Kaltim/Doan Pardede
Dua buah toilet baru berdiri di salah satu sudut Taman Cerdas, Jalan S Parman, Sabtu (21/4/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Taman Cerdas yang berlokasi di seputaran Jalan S Parman kini berdiri dua buah toilet baru, yang merupakan sumbangan dari Lions Club Surabaya,  organisasi sosial yang memang biasa memberikan bantuan toilet ke sejumlah daerah di Indonesia.

Dengan demikian, Taman Cerdas yang berada tepat di samping rumah jabatan Walikota Samarinda ini memiliki total 3 buah toilet

Secara simbolis, dua buah toilet ini diserahkan langsung oleh Ketua Lions Club Surabaya Ariyanti Dewi Kusuma kepada perwakilan Pemkot Samarinda di Taman Cerdas, Sabtu (21/4/2018).

Baca: Pilpres 2019 Jokowi Dianggap Lebih Kuat, Ini yang Harus Dipertimbangkannya untuk Cawapres

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten II Setkot Samarinda Endang Liansyah, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Samarinda Dadang Airlangga, Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Samarinda Erminawaty, Titing Komariah dari Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Samarinda dan sejumlah undangan lainnya.

Di hari yang sama, Lions Club juga melakukan penanaman 30 pohon Trembesi di Taman Sejati dan memberikan bantuan makanam kepada petugas kebersihan yang bertugas di Taman Cerdas, bantuan karpet untuk PAUD, dan sejumlah bantuan lainnya.

Asisten II Setkot Samarinda Endang Liansyah menuturkan, Taman Cerdas ini memang masih membutuhkan penambahan toilet. Saat ini, kata Endang, warga yang datang berkunjung ke Taman Cerdas kerap kesulitan mencari toilet ketika ingin buang air. Dan bantuan yang diberikan ini, menurutnya datang pada saat yang tepat. 

Baca: Diciptakan WR Supratman, Beginilah Lagu Ibu Kita Kartini Jika Dimainkan dengan Biola, Merdu!

Dan ke depannya, kata Endang, Pemkot Samarinda masih akan membenahi fasilitas air bersih di sekitar Taman Cerdas, khususnya terkait suplai air ke toilet-toilet yang ada. 

"Jumlah pengunjung dan jumlah toilet yang ada di sini memang sangat kurang seimbang. Idealnya, setidaknya ada 5 toiletlah di Taman Cerdas ini. Walau bantuannya tidak besar, tapi dia datang di saat yang tepat itu lebih bermanfaat. Ketimbang bantuannya besar, tapi waktunya nggak pas, ya kurang bermanfaat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lions Club Surabaya Ariyanti Dewi Kusuma mengatakan, Lion Clubs Surabaya ini murni sebuah organisasi sosial dan tak terafiliasi dengan partai politik tertentu.

Aryani menuturkan, bantuan yang diberikan biasanya memang berupa toilet. Dan biasanya, inisiatif pemberian bantuan berasal dari usulan masing-masing daerah. Jika memang anggaran memadai, maka bantuan toilet akan diberikan. Dan biasanya lagi, pemberian bantuan toilet dirangkai dengan pemberian bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah tersebut.

Baca: Seorang Ibu Ngamuk-ngamuk setelah Tahu Anaknya Beli Permen, Ini Wujudnya!

Terkait kenapa memilih bantuan toilet ?, menurutnya, cara termudah untuk menggugah, mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan adalah dengan menyediakan sebuah toilet yang bersih dan layak. 

"Kita ingin mengedukasi masyarakat agar memiliki toilet yang bersih, itu saja. Toilet di Indonesia itu kan biasanya jorok," ujarnya.

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved