Salah Dosis, Pengunaan Herbisida Bisa Membahayakan Lingkungan dan Petani

Seperti diketahui, kata Ketua Alishter Indonesia Mulyadi Benteng, herbisida yang berbahan aktif parakuat diklorida ini sejatinya adalah racun.

Salah Dosis, Pengunaan Herbisida Bisa Membahayakan Lingkungan dan Petani
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Salah seorang narsumber memberikan materi kepada peserta Pelatihan Herbisida Terbatas Pakai garapan Aliansi Sterwardship Herbisida Terbatas (Alishter) dan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Provinsi Kaltim di Dunamos Cafe, Jalan Tekukur, Sabtu (21/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebanyak 100 petani dari Kota Samarinda mengikuti Pelatihan Herbisida Terbatas Pakai garapan Aliansi Sterwardship Herbisida Terbatas (Alishter) dan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Provinsi Kaltim di Dunamos Cafe, Jalan Tekukur, Sabtu (21/4/2018).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Nurhasanah (Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim), Wenny T (Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kaltim), formulator pestisida, kios-kios pertanian, dan para distibutor pestisida yang ada di Kota Samarinda.

Seperti diketahui, kata Ketua Alishter Indonesia Mulyadi Benteng, herbisida yang berbahan aktif parakuat diklorida ini sejatinya adalah racun.

Baca: Inilah Sosok Soesalit Djojoadhiningrat, Putra Semata Wayang RA Kartini yang Terlupakan

Dalam kehidupan sehari-hari, herbisida ini biasa digunakan petani untuk memberantas atau mengurangi rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman di lahan pertaniannya. 

Walau bersifat racun, papar Mulyadi, penggunaan pestisida ini tetap bisa tepat sasaran dan tidak akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan, bila digunakan sebagaimana mestinya.

Namun kondisinya saat ini, ungkap Mulyadi, kesalahan penggunaan herbisida ini masih kerap ditemui.

Baca: Dipaksa Jadi Istri Ke-4 Bupati Jepara, Terungkap Sesungguhnya Perasaan RA Kartini Tentang Cinta

Oleh karena itulah, pengetahuan petani-petani ini perlu ditingkatkan, salah satunya melalui pelatihan.

Halaman
123
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved