Arab Saudi Dikabarkan Larang Jamaah Kunjungi Gua Hira dan Jabal Nur, ini Penyebabnya

telah mengeluarkan pernyataan larangan untuk mengunjungi daerah-daerah tertentu ketika menjalani ibadah Umrah dan Haji.

Arab Saudi Dikabarkan Larang Jamaah Kunjungi Gua Hira dan Jabal Nur, ini Penyebabnya
Net
Gua Hira 

TRIBUNKALTIM.CO - Beredar kabar mengejutkan tentang Kementerian Haji Dan Umrah, Arab Saudi yang telah mengeluarkan pernyataan larangan untuk mengunjungi daerah-daerah tertentu ketika menjalani ibadah Umrah dan Haji.

Larangan ini dikeluarkan karena sering terjadi aktivitas tidak baik (Bid'ah) dan karena para peziarah sering jatuh saat memanjat di daerah tersebut.

Baca: Pakai Seragam Ini, Mendagri Jadi Irup di Upacara HUT ke-5 Kalimantan Utara

Antara daerah yang kabarnya dilarang dikunjungi adalah Kebun Kurma di Madinah, Ziarah Bani Saad yaitu, Area Halimatus Saadiah, Masjid Kuu 'dan Masjid Ibn Abbas di Taif, Masjid Siti Rahmah / Masjid Terapung di Jeddah dan Ziarah Jabal Tsur dan Jabal Nur termasuk Gua Hiraa di Mekah.

 Dikutip dari siakapkeli.my, sebenarnya daerah-daerah ini masih bisa dikunjungi, tetapi harus mengajukan permohonan izin kepada pemerintah Saudi terlebih dahulu. Jika melanggar, agensi dan pihak Muassasah harus membayar denda sebesar RM5000. 

Berkenaan tentang mendaki Jabal Nur dan menziarahi Gua Hira, semua jemaah umrah yang datang ke Mekah dilarang untuk mengunjungi daerah bersangkutan setelah tanggal surat edaran terkait larangan itu dikeluarkan, yaitu 19 April 2018.

Baca: Roy Suryo Mendadak Dilarang SBY Tampil di Acara TV, Ada Apa?

Jabal Nur
Jabal Nur 
Gua Hira
Gua Hira 

Kerajaan Arab Saudi melakukannya karena daerah tertutup banyak bid'ah dan kegiatan-kegiatan takhayul serta banyak peziarah yang jatuh ketika mereka mendaki bukit.

Pihak Siakap Keli telah menghubungi pihak Lembaga Tabung Haji Malaysia melalui panggilan telepon untuk mendapatkan konfirmasi tentang hal ini dan Dana haji telah memberikan konfirmasi tentang penutupan beberapa daerah ini. (*)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Arab Saudi Larang Jemaah Kunjungi Kawasan Bersejarah, Termasuk Gua Hira dan Jabal Tsur, http://medan.tribunnews.com/2018/04/22/arab-saudi-larang-jemaah-kunjungi-kawasan-bersejarah-termasuk-gua-hira-dan-jabal-tsur.

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved