60 Titik di Daerah Perbatasan Kaltara Dibangun Tower BTS Mikro

Karena banyak tantangan yang kita hadapi, bukan hanya medan geografis saja, kondisi masyarakat hingga mobilisasi mengangkat perangkat

60 Titik di Daerah Perbatasan Kaltara Dibangun Tower BTS Mikro
Tribun Kaltim/Junisah
Dhia Anugerah Febriansa, Direktur Infrastruktur Balai Penyedia Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), Rabu (25/4/20180 di Gedung Direktorat Universitas Borneo Tarakan (UBT) 

TRIBUNKALTIM.CO - Selama tiga tahun dari tahun 2015 hingga tahun 2017 Kementerian Komunikasi dan Informasi telah membangun tower jaringan telekomunikasi di daerah perbatasan Provinsi Kaltara.

Tower ini dibangun di 60 titik di dua kabupaten di Provinsi Kaltara, masing-masing Kabupaten Nunukan dan Malinau.

Sebanyak 60 titik ini tersebar di daerah perbatasan berdekatan dengan negara tetangga Malaysia atau daerah 3T  (tertinggal, terluar dan terdepan). Diantaraanya, Sebatik, Krayan, Lumbis, Lumbis Ogong, hingga seluruh desa di seluruh kecamatan.

Baca: ‎Bawaslu Ingatkan Perserta Debat Publik Tidak Boleh Lecehkan Kandidat Lain

 “Kita sudah banyak membangun tower di daerah perbatasan Kaltara. Hanya saja tower BTS (brance transceiver station) mikro, sehingga kapasitasnya terbatas,” ucap Dhia Anugerah Febriansa, Direktur Infrastruktur Balai Penyedia Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), Rabu (25/4/20180 di Gedung Direktorat Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Dhia mengungkapkan, pihaknya masih membangun tower BTS mikro di perbatasan Provinsi Kaltara, karena melihat medan geografis di daerah perbatasan yang ada di Kabupaten Nunukan dan Malinau.

“Karena banyak tantangan yang kita hadapi, bukan hanya medan geografis saja, kondisi masyarakat hingga mobilisasi mengangkat perangkat sampai ke lokasi,” ucapnya.

Menurut Dhia, meskipun hanya tower BTS mikro yang kapasitasnya terbatas, namun keberadaan tower BTS mikro ini sudah sangat membantu masyarakat di perbatasan untuk melakukan komunikasi dengan keluarganya.

“Bahkan ada loh yang  sepasang suami istri lain ruangan saling telepon. Tentunya ini menunjukkan  sangat bahagia dan senang dengan keberadaan jaringan telekomunikasi,” ujarnya.

Baca: Wah, Rita Widyasari Sebut Dukung Isran Noor

Halaman
12
Penulis: Junisah
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved