Edisi Cetak Tribun Kaltim

UPTD Bakal Direview, Kepala SMK Pelayaran: Approval Ujian, Praktek, hingga Pelayaran Bisa Dicabut

Kalau teknisnya, ya guru-guru yang ada ini. Di Disdik, tak punya pelaut. Siapkah menyiapkan? Pelaut adanya di Kementerian Perhubungan

UPTD Bakal Direview, Kepala SMK Pelayaran: Approval Ujian, Praktek, hingga Pelayaran Bisa Dicabut
tribunkaltim.co/nevrianto hardi prasetyo
Ilustrasi siswa SMK Pelayaran 

TRIBUNKALTIM.CO - Bagaimana tanggapan kepala-kepala UPTD terkait niatan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri ingin review UPTD di Kaltim?

Kepala UPTD SMK Pelayaran Samarinda Prakosa Priambodo mengatakan, SMK Pelayaran yang merupakan UPTD di bawah Dinas Perhubungan Kaltim sesuai Surat Mendagri ingin dilebur menjadi satuan pelayanan di Disdik Kaltim.

Berada di bawah Dishub, membuat pengganggaran SMK Pelayaran ada di kewenangan Dishub saat ini, bukanlah di Disdik, meskipun statusnya adalah lembaga pendidikan formal.

"Secara teknis sulit, karena orang pelaut segala macam, itu adanya di Kementerian Perhubungan. Sementara, Disdik tak memiliki kompetensi itu. kemarin juga ditanya, mampukan Disdik jika kelola SMK Pelayaran secara teknis ?" ucapnya.

Baca: 600 Lebih Koperasi di Samarinda Dianggap Layak Dibubarkan

Baca: Masuki Masa Purna tugas, Asissten II Pemkot Balikpapan Dapat Kejutan Istimewa

Baca: Plt Bupati Kukar Ingin Bangun Pos, Tarik Retribusi Perikanan

Hal-hal lain pun ia jelaskan perihal sulitnya mengikuti apa yang disyaratkan Surat Kemendagri yang inginkan SMK Pelayaran masuk dalam satuan pelayanan di Dinas Pendidikan tersebut.

"Pertama, ada biaya operasional. Saya rasa kalau di Disdik tidak mampu. Disdik saja sudah kelola hampir kurang lebih 200 sekolah. Misalkan saya dapat anggaran Rp 10 Miliar per tahun, apa sekolah lain tidak protes, dan inginkan dapat anggaran yang sama.

Setahun saja biaya di SMK Pelayaran bisa Rp 15 Miliar, Itu untuk honor guru, alat, fasilitas. Nah, kalau kami ke Disdik, apakah bisa dipenuhi untuk anggaran setahun kami itu? Itu imbasnya," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved