Asprov Kaltim Pantau Kinerja Wasit Liga 3

Asprov PSSI Kaltim rupanya terus memantau performa dan kinerja wasit yang memimpin jalannya pertandingan di tiga zona tersebut.

Asprov Kaltim Pantau Kinerja Wasit Liga 3
Tribun Kaltim/Cornel Dimas
Ketua Asprov PSSI Kaltim, Yunus Nusi (keempat dari kiri) saat membuka kompetisi Liga 3 regional Kaltim, di Stadion Segiri Samarinda Kalimantan Timur, Minggu (22/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Cornel Dimas

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Liga 3 regional Kaltim sudah digelar sejak Minggu (22/4/2018) lalu. Ada 20 klub peserta yang dibagi dalam tiga zona, Samarinda, Bontang, dan Penajam Paser Utara.

Pada gelaran Liga 3 kali ini, Asprov PSSI Kaltim rupanya terus memantau performa dan kinerja wasit yang memimpin jalannya pertandingan di tiga zona tersebut.   

Ketua Asprov PSSI Kaltim, Yunus Nusi mengungkapkan pemantauan terhadap wasit Liga 3 ini sekaligus untuk menyeleksi wasit terbaik asal Kaltim.

Baca: Bisnis Baru Adik Ayu Ting Ting Jual Baju Bekas Panen Bully, dari soal Harga sampai Sindir Pahala

"Di Liga 3 kita menggunakan wasit lokal, Kaltim. Mereka sudah memiliki sertifikasi. Kita turunkan tim pemantau kinerja wasit, supaya wasit juga dievaluasi agar menciptakan iklim sportif, fair play di sepakbola Kaltim," ungkap Yunus Nusi kepada Tribunkaltim.co, Selasa (1/5/2018).

Yunus menjelaskan, nantinya tim pemantau akan memilih wasit terbaik berdasarkan penilaian kinerja selama memimpin Liga 3 regional Kaltim. Wasit terbaik asal Kaltim itu nantinya akan disupport Asprov PSSI Kaltim untuk bisa memimpin laga di kompetisi yang lebih tinggi.

Baca: Buruh Balikpapan Khawatir pada Eksistensi Tenaga Kerja Asing, Ini Kenyataannya

"Jadi ini juga bagian dari seleksi Asprov Kaltim terhadap perangkat pertandingan. 
Karena mereka akan kita promosikan untuk memimpin Liga 2 musim depan. Wasit terbaik akan kami support dan rekomendasikan supaya ke Liga 2. Kita akan perjuangkan setidaknya ada empat sampai lima wasit yang lolos dan memimpin Liga 2," tuturnya.

Selain pemantauan terhadap wasit, Asprov PSSI Kaltim juga menerjunkan talent scouting untuk menyeleksi pemain berbakat asal Bumi Etam di Liga 3.

Nantinya pemain hasil pantauan Liga 3 ini bakal diproyeksikan mengisi tim sepak bola Kaltim di PON 2020.

Baca: Bek Borneo FC Asal Kyrgizstan Ini Ungkap Pentingnya Evaluasi dari Video Pertandingan

"Kita menurunkan talent scouting untuk menyeleksi anak-anak persiapan PraPON.  Tentu pemain yang berbakat ini harus bisa membawa timnya mewakili tim Kaltim promosi ke Liga 2. Atau minimal bersaing di Liga 3 nasional.

Saya harapkan ada tim yang mampu mewakili Kaltim seperti PSAD musim lalu yang masuk 4 besar nasional," ucapnya.

Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved