Spesial Hardiknas, 1000 Guru Balikpapan Gelar Teaching and Traveling di Pulau Popoongan

menariknya TNT kali ini digelar serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018.

Spesial Hardiknas, 1000 Guru Balikpapan Gelar Teaching and Traveling di Pulau Popoongan
HO/1000 Guru Balikpapan
Para relawan 1000 Guru Balikpapan berfoto bersama para murid di Sekolah Dasar Kecil Popoongan, dalam kegiatan Teaching and Travelling memperingati Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (28/4/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO - Komunitas 1000 Guru Balikpapan kembali mengadakan kegiatan Travelling and Teaching (TNT).

Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, menariknya TNT kali ini digelar serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018.

Pada kesempatan spesial ini, kegiatan 1000 Guru Balikpapan diselenggarakan di SD Kecil Pulau Popoongan, Desa Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, pada 27 April -1 Mei 2018.

Baca: Antisipasi Konflik Soal Perluasan Pemakaman, Lurah Mediasi Warga

Riyo Prilian Indrawan, Ketua TNT Popoongan 1000 Guru Balikpapan, mengungkapkan jika kegiatan yang diikuti oleh 37 relawan ini memang spesial dari kegiatan sebelumnya.

"TNT kali ini dilakukan serentak se-Indonesia, spesial diadakan dalam rangka memeriahkan hari pendidikan nasional, dan bagi seribu guru balikpapan ini merupakan TNT terlama yang pernah diselanggarakan. Kalau biasanya TNT cuma 2 hari, Jumat malam berangkat, Minggu malam udah di Balikpapan," ujar Riyo kepada TribunKaltim.

Sesuai dengan konsep komunitas 1000 Guru yakni travelling and teaching, terdapat banyak aspek yang menjadi pertimbangan mengapa Pulau Popoongan, yang masuk dalam wilayah Sulawesi Barat dipilih menjadi lokasi TNT.

Baca: Tarian Massal Meriahkan Peringatan Hardiknas di Bukit Pelangi

"Untuk daerah Balikpapan sudah sering juga dilakukan kegiatan TNG (Teaching & giving). Karena konsep 1000 guru adalah lebih cenderung ke daerah pedalaman, maka TNT untuk di Balikpapan sendiri belum pernah dilakukan. Karena Balikpapan sendri tidak memiiki daerah pedalaman," ungkapnya.

Sementara itu untuk tujuan dari kegiatan ini Riyo menjelaskan jika agenda ini sebagai gerakan untuk mengajak pemuda dan pemudi turut mengambil andil dan kontribusi di dunia pendidikan khususnya di daerah pedalaman.

Halaman
1234
Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved