Mobilisasi Alat Kontruksi PLTA Besahan Diundur ke Bulan Juli

Sebab PLTA berkapasitas 9.000 Megawatt itu diharapkan menopang salah satu proyek strategis di Kalimantan.

Mobilisasi Alat Kontruksi PLTA Besahan Diundur ke Bulan Juli
(HO/PUPR Perkim Kaltara)
Siteplan bendungan tahap I PLTA Besahan, Kabupaten Bulungan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Rencana awal PT Kayan Hidro Energi memobilisasi peralatannya ke area pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan di Kecamatan Peso Kabupaten Bulungan pada Juni mendatang diundur ke bulan Juli.

Kepala Dinas PUPR Perkim Kalimantan Utara Suheriyatna menjelaskan pengunduran rencana itu karena bulan Juni bakal bertepatan momentum Ramadhan dan Idul Fitri.

Percepatan pembangunan PLTA Besahan memang difasilitasi dan menjadi perhatian pemerintah dan pemerintah daerah (Pemprov Kalimantan Utara dan Pemkab Bulungan).

Sebab PLTA berkapasitas 9.000 Megawatt itu diharapkan menopang salah satu proyek strategis di Kalimantan.

Baca juga:
 
 

Yaitu Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional di Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

Pemprov sebutnya sudah bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono belum lama ini memastikan kapan dikeluarkannya Izin Kontruksi PLTA Tahap I (Bendungan berkapasitas 900 (sembilan ratus) Megawatt.

"Sampai saat ini investor masih menunggu izin itu. Yang jelas kita upayakan dan menjadi komitmen pusat untuk menerbitkan izin itu dalam waktu dekat ini," kata Suheriyatna.

Suheriyatna melanjutkan, beberapa waktu lalu tim Kementerian PUPR sudah turun melaksanakan survei di lokasi pembangunan bendungan. Itu diklaim sebagai salah satu prosedur sebelum izin diberikan.

"Hal-hal yang bersifat teknis harus dipastikan semua. Kontruksi bendungan kan punya resiko tinggi. Jadi harus dipastikan bendungan nanti bisa berfungsi maksimal dan kokoh," katanya.

Hal lain yang paling dinantikan adalah tindaklanjut kerjasama Indonesia-Tiongkok dalam kerjasama Global Maritime Fulcrum-Belt and Road Initiative (GMF-BRI) atau One Belt One Road (OBOR).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved