Pilgub Kaltim 2018

Peduli Budaya Indonesia, Safaruddin Janjikan Ruang Kesenian tanpa Sewa

Walaupun berasal dari etnis Bugis, Sulawesi Selatan, namun Safaruddin tak menutup mata terhadap kesenian daerah lain.

Peduli Budaya Indonesia, Safaruddin Janjikan Ruang Kesenian tanpa Sewa
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Cawagub Kaltim Safaruddin menghadiri acara seni Jaranan yang ditampilkan kelompok Sekar Sari Wiguno di kawasan Gunung Malang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (4/5/2018). 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Siapa sangka, kecintaan Irjen Pol (Purn) Safaruddin terhadap budaya Indonesia sangat besar.

Hal itu ditunjukkan ketika dia mengunjungi sebuah acara seni Jaranan yang ditampilkan kelompok Sekar Sari Wiguno di Gunung Malang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (4/5/2018).

Walaupun berasal dari etnis Bugis, Sulawesi Selatan, namun Safaruddin tak menutup mata terhadap kesenian daerah lain.

Calon wakil gubernur Kaltim ini mengutarakan gagasannya agar kelak seni budaya Jawa maupun suku lainnya diberikan tempat yang bagus karena potensinya sangat besar dalam hal membangkitkan ekonomi kreatif maupun menarik wisatawan.

"Karena kita satu, Indonesia. Tugas saya menjamin semua suku di Kaltim adalah warga negara Indonesia yang berhak hidup lebih tenang dan aman. Sebab dengan bermodalkan ketenangan dan keamanan, maka kesejahteraan bisa kita dapatkan. Insya Allah," ujar mantan Kapolda Kaltim ini.

Untuk diketahui, penduduk Jawa yang tinggal di Provinsi Kalimantan Timur, menurut data kependudukan yang terpublish di Wikipedia.org, menempati urutan tertinggi dari suku-suku lainnya.

Komposisinya adalah Jawa (29,55%), Bugis (18,26%), Banjar (13,94%), Dayak (9,91%), Kutai (9,21%), Toraja (1,16%), Sunda (1,59%), Madura (1,24%), Tionghoa (1,16%), Suku lainnya (13,18%).

Di Pilgub Kaltim 2018, Safaruddin berpasangan dengan Rusmadi Wongso sebagai calon gubernur.

Rusmadi yang berlatar suku Jawa kelahiran Samarinda adalah seorang birokrat dengan jabatan tertinggi sebagai Sekretaris Daerah Kaltim. Dia juga pernah menjadi Kepala Bappeda dan Dekan di Fakultas Pertanian Unmul.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved