Disdikbud Tarakan akan Terbitkan Buku Kumpulan Praktik Mengajar Tingkat SD

penerbitan buku ini merupakan rekomendasi pelatihan pendokumentasian pembelajaran

Disdikbud Tarakan akan Terbitkan Buku Kumpulan Praktik Mengajar Tingkat SD
Tribun Kaltim/Junisah
Kepala SD di Kota Tarakan dan Kepala Bidang Disdikbud Kota Tarakan, Thajuddin Noor, yang ikut menghadiri program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia di SDN 037, Rabu (9/5/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tarakan Provinsi Kaltara akan menerbitkan buku kumpulan praktik mengajar terbaik di tingkat sekolah dasar (SD). Buku ini berisikan metode pembelajaran inovatif berbasis literasi yang sudah diterapkan di Tarakan.

Kepala Bidang Disdikbud Kota Tarakan, Thajuddin Noor, mengungkapkan, penerbitan buku ini merupakan rekomendasi pelatihan pendokumentasian pembelajaran berbasis literasi yang baru saja diselesaikan Disdikbud Tarakan.

“Di buku yang kita terbitkan ini guru dituntut mampu mendesain pembelajaran yang membuat anak aktif . Anak belajar dengan ragam metode, dibuat mampu bekerjasama, cakap berkomunikasi, percaya diri serta memiliki karakter yang mulia,” ujarnya, Rabu (9/5/2018) usai menghadiri Program INOVASI untuk Anak Sekolah Indonesia di SDN 037.

Baca: Dua Pengelola Obor Rakyat Ditangkap, Andi Arief Beberkan Watak Aslinya Saya Kenal Mereka 30 Tahun

Thajuddin mengatakan, pembelajaran aktif ini merupakan ciri pendidikan abad 21. Di pembelajaran ini kreativitas merupakan kunci  merancang pembelajaran aktif. Baik dalam merumuskan tahapan pembelajaran, merancang media, lembar kerja dan rubik penilaian.

“Kreativitas sepert ini yang akan akan kami tulis nanti,” katanya.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Ellya Suhartini mengatakan, di dalam buku kumpulan praktik belajar ini, bukan hanya pembelajaran saja, tapi ada topik kepemimpinan kepala sekolah juga ikut ditulis.

“Dibuku ini ditulis inovasi kepala sekolah dalam membangun karakter anak, mengintegrasikan literasi kedalam pembelajaran dan pelibatan masyarakat dalam mendukung program sekolah menjadi tema-tema penting yang dituliskan,” ucapnya.

Baca: Aries Susanti Perempuan Grobogan Ini Taklukkan Jagoan dari Rusia

Provincial Communication Officer INOVASI Kaltara, Erik Hutasoit mengapresiasi rencana Disdikbud Kota Tarakan menerbitkan buku praktik mengajar terbaik. Oleh karena itu ia optimis buku ini menjadi salah satu kontribusi besar  Tarakan kepada pendidikan di Indonesia.

“Sekalipun Kota Tarakan ini bukan daerah mitra kami, tapi kami ingin daerah non mitra juga bisa menerima manfaat sebesar-besarnya dari program INOVASI. Kami senang bisa mendukung usaha Tarakan untuk menerbitkan buku,” ucapnya.   

Penulis: Junisah
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved