Sejumlah Rute Penerbangan ke Asia Tenggara Telah Disiapkan dari Bandara APT Pranoto

Tim Kementerian Perhubungan menurutnya sudah turun langsung ke Kota Samarinda. Dan saat ini, Pemprov Kaltim hanya tinggal menunggu

Sejumlah Rute Penerbangan ke Asia Tenggara Telah Disiapkan dari Bandara APT Pranoto
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Bandara APT Pranoto saat diabadikan beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Akan beroperasinya sejumlah proyek strategis yang sedang dikerjakan juga turut disinggung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di acara Pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Wilayah gerakan Pemuda Asli Kalimantan (DPW Gepak) Kaltim yang digelar di Ruang Melati Hotel Mesra, Jalan Pahlawan, Sabtu (12/5/2018).

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kesbangpol Kaltim Yudha Pranoto menyampaikan, tahun 2018 ini adalah tahun terakhir dirinya memimpin Kaltim. Gubernur memastikan bahwa tahun 2018 ini, sejumlah proyek strategis di Kaltim akan diselesaikan dan bisa dinikmati masyarakat. 

Pertama, proyek jalan tol Balikpapan - Samarinda sepanjang 99,02 Kilometer yang ditargetkan selesai paling lama bulan Desember 2018 mendatang.

Baca: Keren, TNI AD Jadi Juara Umum Lomba Menembak Dunia 11 Kali Berturut-turut

"Jika jalan tol beroperasi, Balikpapan - Samarinda hanya kita tempuh dalam waktu 1 jam," kata Gubernur.

Kedua, Bandara APT Pranoto di Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara.

Bandara ini merupakan pengganti Bandara Temindung yang kondisinya dinilai sudah tidak aman dari sisi keselamatan penerbangan dan pengembangan kota.

Baca: Aksesori Ini jadi Penanda Momen Penting Meghan Markle, Kelak Ingin Diwariskan untuk Anaknya

Tim Kementerian Perhubungan menurutnya sudah turun langsung ke Kota Samarinda. Dan saat ini, Pemprov Kaltim hanya tinggal menunggu terbitnya Sertifikat Bandar Udara (SBU).

"Tanggal 23 Mei ini, Bandara Temindung akan ditutup. Pada 24 Mei, operasionalnya akan dipindah ke Bandara APT Pranoto," ujar Gubernur.

Dan nantinya, kata Awang, masyarakat bisa bepergian ke Jakarta, Surabaya, Ujung Pandang dan kota-kota besar lainnya dari Bandara APT Pranoto. Sejumlah rute penerbangan ke sejumlah negara Asia Tenggara juga telah disiapkan oleh sejumlah maskapai penerbangan.

"Saya yakin Samarinda dan Kaltim akan semakin maju dengan beroperasinya bandara ini," kata Gubernur.

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved