Pesawat Lion Air Terperosok di Runway Juanda, Otoritas Bandara Tuding Kesalahan Angkasa Pura

Tidak saja rata, mulus, tidak tekelupas, dan kuat. Dadun sudah mengetahui kalau saat ini Runway Bandara Juanda Surabaya terus dilakukan.

Pesawat Lion Air Terperosok di Runway Juanda, Otoritas Bandara Tuding Kesalahan Angkasa Pura
Penerbangan Lion Air 

TRIBUNKALTIM.CO - Kepala Otoritas Bandara Wilayah III (meliputi Jateng Jabar dan Indonesia Timur) Dadun Kohar kaget dengan insiden pesawat Lion Air terperosok di ujung Runway saat hendak take off di Bandara Juanda Surabaya, Minggu (20/5/2018). 

"Mau di luar marka atau di dalam marka, Runway harus dalam keadaan kuat. Ini menyangkut keselamatan penerbangan," reaksi Dadun saat dikonfirmasi Surya.co.id. 

Apalagi saat ini menjelang arus mudik. Traffic penerbangan dan pergerakan pesawat di atas Runway akan makin padat. Semua harus dipastikan kondisi Runway aman.

Tidak saja rata, mulus, tidak tekelupas, dan kuat. Dadun sudah mengetahui kalau saat ini Runway Bandara Juanda Surabaya terus dilakukan. 

Perbaikan Runway dengan cara merombak total landasan pacu itu dikerjakan berkelanjutan sejak 2016. Selain overlay juga ada penguatan di sejumlah titik Runway.

Baca juga:

Meski Laga Berakhir Kisruh, Figur Borneo FC dan PSM Makassar Ini Tetap Saja Akrab di Lapangan

Ini yang Harus Dilakukan Pemilik Rumah dan Penginapan Apabila Ada WNA Datang

Inilah Daftar Tim yang Lolos ke Fase Grup Liga Champions Musim Depan

Kabar Baik untuk Egy Maulana Vikri, 7 Pemain Senior Tinggalkan Lechia Gdanks karena Faktor Ini

"Pertanyaannya apakah titik ambles tadi yang masuk zona penguatan atau titik overlay. Kalau sudah dikuatkan dan di-overlay tapi ambles, pasti ada masalah dengan Runway itu," kata Dadun.

Kepala Otban ini sempat meminta penjelasan saat Lion terperosok di aspal ambles di ujung Runway.

Dia kembali kaget karena pihak Angkasa pura tak bisa menjelakan apakah posisi Runway yang ambles itu sudah dikuatkan atau belum. 

Apa pun itu, Dadun mendesak kapada PT Angkasa Pura selaku pengelola bandara memastikan bahwa kondisi Runway harus aman.  Runway sepanjang 3.000 meter harus siap. Apalagi ini menjelang arus mudik. (Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Lion Air Terperosok di Runway Juanda, Otoritas Bandara Kaget dan Tuding Kesalahan Angkasa Pura

Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved