Pemilihan Presiden 2019

Inilah Daftar Capres yang Tepat untuk Dampingi Jokowi, Hasil Survei Charta Politika

Sampel survei dipilih secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling)

Inilah Daftar Capres yang Tepat untuk Dampingi Jokowi, Hasil Survei Charta Politika
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/Laily Rachev/Setp
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). 

TRIBUNKALTIM.CO - Survei Charta Politika menunjukkan, Jusuf Kalla dinilai menjadi sosok yang paling tepat untuk menjabat sebagai calon wakil presiden.

Berdasarkan survei terhadap 2.000 responden dari tanggal 13 hingga 19 Maret 2018, sebanyak 11,8 persen responden memilih Jusuf Kalla sebagai sosok yang paling tepat untuk dicalonkan sebagai wakil presiden.

"Jusuf Kalla, walaupun sekarang banyak pemberitaan bahwa beliau enggak akan maju, ya tapi di sisi lain kan sedang ada judicial review yang memungkinkan Jusuf Kalla maju lagi di Pilpres 2019 sebagai cawapres," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam konferensi pers hasil survei di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Baca: Pendaftaran Online CPNS 2018 Sudah Dibuka Mulai Juni, Catat Jadwal Lengkapnya Biar tak Kelewatan

Nama Jusuf Kalla disusul Gatot Nurmantyo yang dipilih 8,3 persen, Anies Baswedan yang dipilih 8,2 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono yang dipilih 8,2 persen responden.

Urutan keempat dan kelima, muncul nama Basuki Tjahaja Purnama yang dipilih oleh 4,8 persen responden dan Mahfud MD yang dipilih oleh 4,6 persen responden.

"Tapi, kalau dilihat tiga nama di bawah JK tidak ada yang dominan suaranya. Semuanya di kisaran delapan persen," lanjut dia.

Baca: Mahfud MD Beri Tanggapan Soal Nama Ustaz Abdul Somad Tak Masuk Daftar Rekomendasi Kemenag

Adapun, urutan ketujuh hingga kesepuluh adalah, M. Zainul Madji dipilih 4,6 persen responden, Susi Pudjiastuti dipilih 4,0 persen responden, Hary Tanoesoedibyo dipilih 2,4 persen responden dan Muhaimin Iskandar dipilih 2,2 persen responden.

Mahfud MD di atas Cak Imin

Meski demikian, muncul fakta menarik tentang elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang populer disapa Cak Imin.

Yunarto mengatakan, meskipun Cak Imin sudah 'gembar-gembor' di publik sebagai bakal calon wakil presiden siapapun presidennya, namun elektabilitasnya berada pada urutan ke-10.

"Setahu saya, Mahfud MD tidak memasang billboard di mana-mana. Tapi, elektabilitas dia di urutan keenam, lebih tinggi dari elektabilitas Cak Imin yang billboardnya di mana-mana dan bersedia menjadi cawapres kepada siapapun capresnya," ujar Yunarto.

Baca: Daftar 26 Tim Peserta Liga Champions Musim 2018-2019, tak Ada Juara Liga Inggris Tahun Lalu

Sampel survei dipilih secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error survei ini sebesar 2,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Charta Politica: JK Sosok Paling Tepat Dampingi Jokowi"
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved