Kabar Gembira! THR Karyawan Swasta Akan Dibagikan di Tanggal Ini, Ada Sanksi Buat Perusahaan Nakal!

Tenang, khusus pegawai swasta mekanisme pembayaran THR sudah ada peraturannya loh.

Kabar Gembira! THR Karyawan Swasta Akan Dibagikan di Tanggal Ini, Ada Sanksi Buat Perusahaan Nakal!
Ist/Tribunnews.com
Ilustrasi. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tak lama lagi Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparat Sipil Negara (ASN) atau PNS, TNI/POlri dan pensiunan cair.

Presiden Joko Widodo sudah menandatangani peraturan pemerintahnya.

Jika tak ada aral melintang THR PNS, TNI/Polri dan pensiunan cair akhir Mei paling lambat awal Juni.

Beban pajak penghasilan dalam pemberian Tunjangan Hari Raya ( THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) ditanggung oleh pemerintah, sesuai dengan ketetapan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2018.

Jika pajak penghasilan THR ASN ditanggung pemerintah, bagaimana dengan pajak penghasilan dari THR untuk karyawan swasta?

"Kalau (karyawan) swasta, setiap pendapatannya jadi subjek pajak. Sebetulnya kalau dari pemerintah, semuanya diambil langsung, di pajak penghasilannya, otomatis dipotong itu," kata Sri Mulyani di gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018) sore.

Dengan begitu, pajak penghasilan THR karyawan swasta tetap dibebankan kepada masing-masing penerimanya, yakni karyawan itu sendiri.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pajak penghasilan THR ASN juga dibebankan kepada masing-masing wajib pajak, tetapi tahun ini pemerintah yang menanggung beban pajak tersebut.

PP 19/2018 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo menetapkan pemberian THR dan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri.

Dalam PP tersebut, diatur komponen THR yang lebih gemuk dari sebelumnya dan ada keistimewaan bagi pensiunan karena ikut mendapatkan

Halaman
1234
Editor: Alfiah Noor Ramadhany
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved