Bank Indonesia Longgarkan Aturan Pinjaman

Kami melihat ada potensi sejumlah relaksasi terkait dengan loan to value di sektor perumahan

Bank Indonesia Longgarkan Aturan Pinjaman
NET/GOOGLE
Kantor Bank Indonesia 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan melonggarkan aturan loan to value perbankan (LTV). Dalam pelonggaran LTV ini ada tiga poin yang bisa dicermati.

Pertama terkait rasio uang muka. Kedua aturan mengenai KPR inden. Ketiga adalah terkait termin pembayaran.
Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisoner OJK mengatakan, langkah BI untuk melonggarkan LTV cukup bagus.

"Namun harus terukur," kata Wimboh Senin (28/6). OJK mengaku masih melihat detail pelonggaran aturan LTV yang akan dilakukan BI. Hal ini karena detail aturan LTV belum resmi dikeluarkan BI.

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo bilang relaksasi aturan LTV ini agar kendala penyaluran kredit ke sektor perumahan bisa berkurang.

"Kami melihat ada potensi sejumlah relaksasi terkait dengan loan to value di sektor perumahan," kata Perry dalam konferensi pers penguatan koordinasi stabilitasi mendorong pertumbuhan ekonomi, Senin (28/5).

Dengan relaksasi ini diharapkan masyarakat bisa lebih bisa menjangkau pembelian perumahan. Harapannya beberapa sektor seperti semen bisa ikut naik permintannya.

Sektor perumahan, menurut Perry merupakan sektor yang cukup penting untuk menggerakkan roda ekonomi. (*)

Artikel ini sudah tayang di kontan.co.id dengan judul BI akan longgarkan aturan LTV, OJK: harus terukur https://keuangan.kontan.co.id/news/bi-akan-longgarkan-aturan-ltv-ojk-harus-terukur

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved