Jelang Lebaran, Warga Ramai-ramai Beli Mobil Bekas Kreditan

"Untuk strategi tidak ada yang spesial, lebih karena pasarnya naik dan setiap tahun penjualan meningkat di bulan puasa

Jelang Lebaran, Warga Ramai-ramai Beli Mobil Bekas Kreditan
INTERNET
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pembiayaan mobil meningkat jelang Ramadan dan Lebaran. Tak hanya mobil baru, pembiayaan mobil bekas juga tumbuh.

PT BCA Finance misalnya, mencatatkan kenaikan pembiayaan mobil bekas sebesar 10% di bulan Mei 2018 dibanding bulan sebelumnya.

Di bulan sebelumnya atau April 2018, pembiayaan BCA Finance juga sudah tumbuh dua digit.  Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim mengatakan, pada April 2018, pembiayaan BCA Finance mencapai Rp 11,89 triliun atau tumbuh 10,7% secara year on year (yoy).

Dari jumlah itu, kontribusi pembiayaan mobil bekas mencapai 30%. Menurut Roni, pertumbuhan pembiayaan ditopang kondisi pasar yang mendukung. "Untuk strategi tidak ada yang spesial, lebih karena pasarnya naik dan setiap tahun penjualan meningkat di bulan puasa," kata dia, Kamis (24/5).

Roni mengatakan, dalam menyalurkan pembiayaan mobil bekas, BCA Finance lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Maklum, risiko pembiayaan segmen ini lebih tinggi ketimbang pembiayaan mobil baru. "Jadi kami tetap utamakan seleksi ketat, loan to value (LTV) mutlak 70% dari nilai riil mobilnya," ujar Roni.

Sampai akhir tahun ini, BCA Finance memproyeksikan bisa menyalurkan pembiayaan Rp 32,5 triliun. Target itu flat dari realisasi 2017. Begitupun dengan proyeksi pembiayaan mobil bekas, BCA Finance memproyeksikan pertumbuhan mendatar alias flat.

Pembiayaan mobil bekas PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) juga melaju dua bulan menjelang Lebaran. Hingga April 2018, porsi pembiayaan mobil bekas menyumbang 72% total kredit BFIN. Sedangkan sisanya dari pembiayaan motor dan alat berat.

Direktur IT dan Keuangan BFI Finance Sudjono mengatakan, sampai empat bulan pertama tahun ini ini pembiayaan yang sudah disalurkan mencapai Rp 5,7 triliun atau tumbuh 34%.

Faktor pendukung kenaikan pembiayaan tersebut antara lain ekonomi di wilayah bisnis BFI Finance yang bertumbuh lumayan. "Dari sisi kualitas aset pun masih terjaga dengan baik," kata dia. (*)

Artikel ini sudah tayang di kontan.co.id Penjualan mobil bekas meningkat jelang mudik Lebaran https://industri.kontan.co.id/news/penjualan-mobil-bekas-meningkat-jelang-mudik-lebaran

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved