Tok, Putusan Hakim, 2 Bos First Travel Harus Mendekam Selama Ini di Penjara

Andika dan Anniesa terbukti melakukan penipuan perjalanan umrah dan melakukan pencucian uang dari uang setoran jemaah umrah.

(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Terdakwa penipuan First Travel 

TRIBUNKALTIM.CO - KETUA majelis hakim Sobandi menjatuhkan hukuman 20 tahun dan 18 tahun penjara kepada pasangan suami istri bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan.

"Menjatuhkan pindana kepada terdakwa satu selama 20 tahun, terhadap terdakwa dua 18 tahun pidana dan denda Rp 10 miliar, dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti pidana kurungan delapan bulan," ujar Sobandi di Pengadilan Negeri Depok, Rabu (30/5/2018).

Andika dan Anniesa terbukti melakukan penipuan perjalanan umrah dan melakukan pencucian uang dari uang setoran jemaah umrah.

Baca: Siap-Siap Hadapi Lonjakan Pengunjung, Citra Niaga dan Pelabuhan Penumpang Mulai Dibenahi

 
"Menyatakan terdakwa satu Andika Surachman dan terdakwa dua Anniesa Hasibuan telah terbukti secara sah dan meyakinkan secara bersama-sama melakukan tindak pidana penipuan dan pencucian uang," tutur Sobandi.

Andika dan Anniesa juga terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang menggunakan setoran uang calon jemaah umrah.

Pencucian dilakukan dengan cara mengalihkan setoran calon jemaah umrah di rekening penampungan First Travel ke sejumlah rekening, termasuk rekening pribadi Andika, Anniesa, dan Kiki Hasibuan.

Baca: Dishub Gelar Tes Urine, Tiga Sopir Angkutan Umum Melarikan Diri

Uang setoran calon jemaah kemudian dibelanjakan terdakwa, termasuk membeli aset seperti kendaraan, rumah, dan tanah.

Dalam vonisnya, Sobandi juga menyebut jumlah calon jemaah yang mendaftar pada Januari 2015-Juni 2017 sebanyak 93.295 orang. Dengan total setoran uang pembayaran para jemaah mencapai Rp 1,319 triliun.

Baca: Rela Menyakiti Hati Lady Diana, Ini 4 Fakta Camilla yang Bikin Pangeran Charles Bertekuk Lutut

Namun kenyataannya, sejak November 2016-Juni 2017, jumlah jemaah umrah yang diberangkatkan First Travel hanya 29.985 orang. Sedangkan sisanya sebanyak 63.310 orang dengan jadwal pemberangkatan November 2016 hingga Mei 2017, tidak diberangkatkan.

"Dan tidak dikembalikan uangnya," ucap hakim. (Yanuar Nurcholis Majid)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul BREAKING NEWS: Andika Surachman Divonis 20 Tahun Penjara, Anniesa Hasibuan 18 Tahun

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved