Anggota DPR RI Yakin Rute Penerbangan di Bandara APT Pranoto Segera Ditambah

Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto di Sei Siring, Kecamatan Samarinda Utara telah resmi beroperasi sejak 24 Mei 2018 lalu.

Anggota DPR RI Yakin Rute Penerbangan di Bandara APT Pranoto Segera Ditambah
Tribun Kaltim
Pesawat Xpress Air mendarat mulus di Bandara APT Pranoto 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto di Sei Siring, Kecamatan Samarinda Utara telah resmi beroperasi sejak 24 Mei 2018 lalu.

Informasi yang dihimpin Tribunkaltim.co, Jumat (1/6/2018), masih hanya ada 3 maskapai yang dipastikan akan melayani penerbangan dari dan ke Bandara APT Pranoto

Rute terjauh masih dipegang maskapai Wings Air, yakni Samarinda - Berau, Samarinda - Surabaya, Samarinda - Makassar, Samarinda - Melak, Samarinda - Tarakan, Samarinda - Balikpapan. 

Baca: Bertemu Dispora, Koni Balikpapan Ingin 1200 Atletnya Berangkat ke Porprov

Sementara dua maskapai lainnya, yakni Susi Air dan Xpress Air masih hanya melayani penerbangan di Kaltim dan Kaltara. 
Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Syafruddin Pernyata usai menghadiri acara di Hotel Harris, Jalan Untung Suropati, Samarinda, Kamis (31/5/2018) mengatakan, di bandara manapun, penambahan rute-rute baru ini memang dilakukan secara bertahap dan tak bisa sekaligus.

Pasalnya, ada perizinan yang harus dilalui dan maskapai juga akan melihat perkembangan pasar. Namun dengan adanya rute penerbangan ke Surabaya dan Makassar di tahap awal ini, menurutnya sudah merupakan sebuah pertanda baik. Dia meyakini, rute lain seperti ke Jakarta dan daerah lainnya, bahkan rute internasional segera dibuka. Apalagi, kondisi bandara memang sudah memungkinkan untuk didarati pesawat berbadan lebar.

"Saya yakni pasti segera bertambah. Saya yakin itu," ujarnya. 

Baca: Catat! 6 Tanda-tanda Lailatul Qadar pada Malam Ganjil dari Sepuluh Malam Terakhir Ramadan

Hampir senada, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian juga meyakini bahwa rute penerbangan baru akan segera ditambah.

Hetifah sendiri mengaku siap memberikan dukungan penuh agar bandara yang sudah dibangun dengan anggaran besar ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yakni sebagai bandara internasional.

"Segala sesuatu itu memang harus bertahap," ujarnya.

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved