Hari Lahir Pancasila

Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini yang Diucapkan Danrem 091/ASN

Bertempat di lapangan Makorem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), telah berlangsung upacara peringatan hari lahir ke-73 Pancasila.

Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini yang Diucapkan Danrem 091/ASN
HO/Penerangan Korem 091/ASN
Bertempat di lapangan Makorem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), jalan Gajah Mada, telah berlangsung upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 73. Selaku Inspektur upacara Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Efendi, sedangkan Danrem 091/ASN menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila di kantor Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (1/6/2018). 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bertempat di lapangan Makorem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), jalan Gajah Mada, telah berlangsung upacara peringatan hari lahir ke-73 Pancasila.

Selaku Inspektur upacara Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Efendi, sedangkan Danrem 091/ASN menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila di kantor Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (1/6/2018).

“Merupakan berkah yang indah, yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita," amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibacakan Kasrem Kolonel Inf Ruslan Efendi, Jumat (1/6/2018).

Baca: Pemuka Agama Ini Pasrah saat Dibekuk Polisi, Diduga Ia Perkosa dan Bunuh Anak Angkatnya

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal, yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semua unsur yang ada harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika, agar menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

"Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila, marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia," ucap Kasrem.

Baca: Wow. . . Hadiah Pernikahan Senilai Rp 129 Miliar Dikembalikan Pangeran Harry dan Meghan

Di akhir amanat Presiden RI, Kasrem mengajak para ulama, tokoh agama, para guru, ustad, para politisi, jajaran aparat pemerintahan, TNI, Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam sehari-hari.

Sedangkan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan mengatakan saat menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila di kantor Gubernuran Kaltim mengatakan, Pancasila adalah anugrah terbesar bangsa Indonesia, itu sudah diyakini dan dipastikan adalah kuasa Allah SWT.

Baca: Akhirnya. . . Nikita Mirzani Ungkap Siapa yang Dimaksud Pria Pecandu Narkoba

"Pancasila ini adalah anugerah terbesar di yang miliki bangsa Indonesia. Dengan adanya Pancasila dapat merekatkan semua perbedaan dari suku, agama, ras dan golongan dari Sabang sampai Merauke," ucap Danrem. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved