PWI Beri Pelatihan Jurnalistik Humas-humas se-Balikpapan

Untuk memberikan pemahaman tentang etika jurnalistik, PWI Perwakilan Balikpapan menggelar Workshop Jurnalistik Kehumasan.

PWI Beri Pelatihan Jurnalistik Humas-humas se-Balikpapan
HO
Wartawan dan perwakilan humas ber-swafoto usai buka puasa bersama 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Untuk memberikan pemahaman tentang etika jurnalistik bagi kalangan humas instansi pemerintah dan swasta di Kota Balikpapan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Balikpapan menggelar Workshop Jurnalistik Kehumasan. Acara yang berlangsung di Hotel Pasific dirangkai dengan buka puasa bersama, Senin (4/6).

Kegiatan workshop jurnalistik diikuti sekitar 20 perwakilan humas ini dibuka Sekretaris Dinas Infokom Balikpapan Panti Suhartono. Meski hanya berlangsung dua jam menjelang waktu buka puasa, peserta antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang disampaikan Ketua PWI Perwakilan Balikpapan Sumarsono dan wartawan senior H Iman S Santoso.

"Mewakili pemerintah kota, kami mengapresiasi pelatihan jurnalistik untuk humas ini. Selain memberikan pemahaman tentang etika jurnalistik, sekaligus untuk meningkatkan sinergisitas antara humas dan media," kata Panti mewakili Plt Walikota Balikpapan H Rahmad Mas'ud.

Baca: H-7 Dermaga Tengkayu dan Bandara Juwata Mulai Padat

Menurutnya, humas memiliki peran penting di instansi manapun, baik pemerintahan maupun swasta. Diharapkan pelatihan jurnalistik ini bisa menjadi agenda rutin, sehingga humas dan media di Balikpapan menjadi lebih profesional.

Sementara, dalam pemaparannya, Sumarsono menjelaskan tentang hak-hak narasumber yang diatur dalam kode etik jurnalistik. Di antaranya mengenai hak jawab, hak koreksi, dan hak tolak. Hak-hak ini melekat pada narasumber, dan bisa digunakan ketika menemui berita media yang tidak berimbang, maupun kesalahan.

"Jika ada pemberitaan yang tidak berimbang, atau merasa dirugikan dengan pemberitaan, humas selaku juru bicara memberikan hak jawab. Media wajib memuat hak jawab sesuai dengan berita sebelum, baik posisi halaman maupun space-nya," jelasnya.

Baca: Oknum ASN Sebar Video Paslon Walikota Tarakan di WA

Usai tanya jawab, dan memasuki waktu berbuka puasa, peserta pelatihan jurnalistik berbaur dengan wartawan yang tergabung dalam PWI Perwakilan Balikpapan untuk menikmati buka puasa bersama. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved