Eropa Cabut Larangan Terbang Seluruh Maskapai Penerbangan Indonesia

Dari keputusan terbaru hari ini, maskapai dari Indonesia seluruhnya dikeluarkan dari daftar larangan terbang ke Eropa.

Eropa Cabut Larangan Terbang Seluruh Maskapai Penerbangan Indonesia
Pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018). (ARSIP GARUDA INDONESIA) 

TRIBUNKALTIM.CO, BRUSSELS - European Commission mewakili Uni Eropa resmi mencabut larangan terbang untuk seluruh maskapai penerbangan asal Indonesia pada Kamis (14/6/2018).

Sejumlah maskapai asal Indonesia sebelumnya masuk dalam Safety List Uni Eropa, di mana berisi larangan maskapai yang dimaksud untuk terbang ke Eropa karena belum memenuhi standar keselamatan.

"Dari keputusan terbaru hari ini, maskapai dari Indonesia seluruhnya dikeluarkan dari daftar larangan terbang ke Eropa, menyusul upaya perbaikan standar keselamatan penerbangan yang dilakukan di negara tersebut," demikian isi keterangan tertulis seperti dikutip dari laman European Commission, europa.eu.

Baca: Simak 5 Fakta Arman Depari, Jenderal Gondrong yang Sempat Digadang Gantikan Komjen Buwas

Baca: Gema Takbir Mulai Berkumandang di Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda

Baca: Ini Dia 7 Tradisi Unik Lebaran Khas Nusantara yang Beda Banget dari Negara Lain . . .

Komisioner European Commission bidang Transportasi, Violeta Bulc, mengaku senang dengan pencapaian yang diraih oleh maskapai asal Indonesia.

Menurut Bulc, capaian ini membuktikan hasil dari kerja keras maskapai bersama pemerintah dan pemangku kepentingan dalam memperbaiki kualitas penerbangan sipil yang mengacu pada standar internasional.

Seluruh maskapai asal Indonesia pada 2007 sempat masuk dalam Safety List Uni Eropa, didasari atas alasan keselamatan yang dinilai belum terlalu diperhatikan.

Baca: Ramaikan Takbiran, Warga Balikpapan Sulap Mobil Jadi Miniatur Masjid; Begini Prosesnya

Baca: Jadi Venue Hajatan Global Lintas Benua, Intip 5 Stadion Sepakbola Termegah di Rusia

Baca: Hasil Sidang Isbat - Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H Jatuh Hari Jumat 15 Juni 2018

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada 7 maskapai yang keluar dari daftar meski sebagian besar lainnya masih tertera dalam Safety List.

Adapun sampai hari ini, European Commission masih melarang 119 maskapai penerbangan untuk masuk wilayah udara Eropa.

Sebanyak 119 maskapai yang dimaksud terdiri dari 114 maskapai tersertifikasi dari 15 negara yang belum memenuhi standar keselamatan internasional serta 5 maskapai yang masing-masing berasal dari Iran, Irak, Suriname, Nigeria, dan Zimbabwe. (*) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Eropa Resmi Cabut Larangan Terbang Seluruh Maskapai Asal Indonesia", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/14/192359926/eropa-resmi-cabut-larangan-terbang-seluruh-maskapai-asal-indonesia
Penulis : Andri Donnal Putera
Editor : Kurniasih Budi

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved