Transaksi Nasabah Naik Dua Kali Lipat Dipenuhi Korporasi dan Pebisnis

Untuk nasabah korporasi, sekali menyetor rata-rata dibatasi Rp 100 juta, jadi antrean akan panjang karena butuh waktu saat penyetoran

Transaksi Nasabah Naik Dua Kali Lipat Dipenuhi Korporasi dan Pebisnis
Tribunnews
Suasana pelayanan nasabah di Bank Mandiri jalan Ratulangi Makassar, Senin (4/8). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Beberapa perbankan membuka layanan kantor cabang mereka secara terbatas di masa libur panjang lebaran.

Sebut saja, PT Bank Mandiri Tbk yang membuka beberapa cabang secara terbatas.

Untuk tanggal 18 Juni 2018 ini, Bank Mandiri region Jakarta hanya membuka 5 kantor cabang (KC) secara terbatas yakni KCP Tangerang Daan Mogot, KCP Bekasi Sentra Niaga Kalimalang, KCP Jakarta Juanda, KC Depok dan KC Bogor Juanda.

Berdasarkan pantauan Kontan.co.id, Senin (18/6) di KC Mandiri Depok, terlihat antrean nasabah mengular di layanan reguler setor pada petugas teller. Bahkan antrean panjang ini sudah terjadi sejak tanggal 13 Juni lalu.

Branch Manager Mandiri Cabang Jatijajar Depok, Q Faizah mengatakan, antrean ini lebih disebabkan karena memang jumlah cabang yang dioperasikan masih terbatas. Ditambah lagi jumlah libur yang panjang membuat transaksi perbankan akan lebih menumpuk.

“Mayoritas transaksi dilakukan oleh nasabah korporasi atau bisnis yang ingin menyetorkan uang tunai. Di hari ini kami hanya membuka layanan setor tunai dan penggantian kartu ATM serta buku tabungan,” ujar Faizah saat di temui di Kantor Cabang Depok.

Transaksi normal Mandiri sendiri di cabang Depok sekitar 150 sampai 200 transaksi pada setiap teller. Pada jam sibuk akan ada 6 teller yang melakukan pelayanan. Namun, di jam sibuk seperti libur lebaran ini jumlah transaksi bisa naik dua kali lipat.

Puncak lonjakan transaksi nasabah justru terjadi pada tanggal 13 Juni lalu sebelum hari lebaran. Bahkan antreannya mencapai pintu masuk kantor.

Namun, berdasarkan pantauan Kontan.co.id, antrean kali ini tidak mencapai pintu masuk, hanya saja banyak nasabah yang harus duduk di lantai lantaran nominal transaksi yang cukup besar dari nasabah korporasi sehingga memakan waktu yang lama.

“Untuk nasabah korporasi, sekali menyetor rata-rata dibatasi Rp 100 juta, jadi antrean akan panjang karena butuh waktu saat penyetoran,” tambahnya.

Transaksi di masa libur ini didominasi oleh nasabah korporasi seperti SPBU Pertamina dan Bulog yang mencapai 80%. Sisanya adalah nasabah individu. Untuk nasabah individu pun telah terbantu dengan adanya mesin setor tunai atau cash deposit machine (CDM).

Sekadar informasi, layanan terbatas ini akan ada hingga tanggal 20 Juni 2018 di kantor cabang yang ditunjuk.
Informasi terkait lokasi kantor cabang dapat diakses melalui website resmi Bank Mandiri.

Layanan perbankan di kantor cabang akan kembali berjalan normal pada tanggal 21 Juni 2018 bertepatan dengan berakhirnya libur panjang lebaran. (*)

Artikel ini sudah tayang di kontan.co.id dengan judul Antrean nasabah bank mengular di libur lebaran https://keuangan.kontan.co.id/news/antrean-nasabah-bank-mengular-di-libur-lebaran

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved