Tiga WNI Tewas dalam Kecelakaan Saat Terjadi Badai Pasir di Saudi, Alami Pecah Ban

10 Orang rombongan keluarga Azward menumpang Hi Ace, tiba-tiba ban pecah saat badai pasir sedang mengamuk di Arab Saudi.

Tiga WNI Tewas dalam Kecelakaan Saat Terjadi Badai Pasir di Saudi, Alami Pecah Ban
tribunnews.com
Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat mengunjungi korban. 

TRIBUNNEWS.COM, ARAB SAUDI - Kecelakaan maut menimpa rombongan umrah asal Jakarta. Tiga orang tewas dan empat orang luka berat dan ringan.

Informasi insiden tersebut disampaikan oleh Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, terjadi pada Minggu (18/6/2017) waktu Madinah.

"Terjadi kecelakaan di perjalanan di km 150 jalan Madinah Jeddah yang menewaskan tiga orang jama'ah Umrah sekaligus dan mengakibatkan empat orang luka berat dan ringan," ujar dia melalui keterangannya kepada Tribunnews.com, Senin malam (18/6/2018).

Dikatakan Dubes Maftuh, rombongan umrah Keluarga Azwar sedang menjalankan ibadah umrah sejak tanggal (5/6/2018) yang terdiri dari 7 orang, Azwar, Ibu kandung dari Azwar, isteri, adik dari isteri Azwar, dan tiga orang anak terdiri atas Lifia, Adel, dan Dea.

Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat mengunjungi korban.
Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat mengunjungi korban. (tribunnews.com)

Baca: Badai dan Sambaran Petir Menewaskan 30 Warga

Baca: Bahaya! Mau Balas Dendam di El Clasico, Real Madrid Malah Dilanda Badai Cedera

Baca: Badai Pasir dan 41 Ribu Sambaran Petir Menghantam India, 125 Orang Tewas

Ketiga WNI yang meninggal itu adalah Ibu Frieda Said, 75, mertua Azwar, Ulfana Said 53 thn, Istri Azwar dan Elfina said 49 thn, adik ipar Azwar. 

"Sedangkan luka berat berjumlah dua orang yaitu Azwar yang patah tulang rusak dan Anaknya Dea yang mengalami patah tulang belakang. Adel dan Lifia, anak Azwar mengalami luka ringan di tangan dan kaki," tutur Maftuh.

Maftuh mengatakan, menurut keterangan korban selamat Lifia binti Azwar dan Adel bin Azwar kejadian bermula dari mobil Toyota Hi Ace yang berisi 10 penumpang mengalami pecah ban berbarengan dengan badai pasir, sehingga mobil terguling beberapa kali.

Di bawah ini rekaman badai pasir yang melanda Arab Saudi, 17 Juni 2018 lalu:

Baca: Siklon Tropis Muncul, Awas Badai Melanda Wilayah Indonesia

Baca: Punya Tubuh Mungil? Coba Tiru OOTD Ariana Grande Ini, Kece Badai!

Baca: Ini Pernyataan BMKG Tanggapi Kabar Ancaman Badai Haitek Filipina Terpa Pulau Kalimantan

"Sopir dan dua orang dari travel selamat dari kecelakaan. Korban meninggal berada di kursi tengah sementara Lifia dan Adel berada di kursi paling belakang," ujar Maftuh.

Dubes RI Maftuh didampingi Atase Kepolisian KBRI Kombes Fahruurazi dan staf Protokoler KJRI Jeddah, Afnan telah mengunjungi para korban di RS King Fahd Hospital Madinah untuk menyampaikan belasungkawa serta memberikan support.

Ia mengatakan akan membantu pengurusan jenazah dan memberikan pendampingan yang sakit sampai pemulangannya ke Indonesia. 

"Muasasah ad-Dhuha yang menangani umroh juga ikut membantu pengurusan dokumen pengurusan korban wafat," kata Dia.

Ujar Dubes Maftuh, fenomena badai pasir sering terjadi di Arab Saudi dan mengingatkan para jamaah umrah untuk menggunakan mobil yang aman dalam berkendara.(tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tiga WNI Tewas dalam Kecelakaan Saat Terjadi Badai Pasir di Saudi, http://www.tribunnews.com/internasional/2018/06/19/tiga-wni-tewas-dalam-kecelakaan-saat-terjadi-badai-pasir-di-saudi.
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Choirul Arifin

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved