Idul Fitri 2018

Samarinda Tergolong Aman dan Lancar Selama Masa Lebaran, Ini Analisa dari Basarnas

Kondisi kota Samarinda sejauh ini pada arus balik lebaran kali tergolong aman dan lancar dari segi kedaruratan bencana.

Samarinda Tergolong Aman dan Lancar Selama Masa Lebaran, Ini Analisa dari Basarnas
TRIBUN KALTIM/CHRISTOPER DESMAWANGGA
Personel gabungan melakukan monitoring di bandara APT Pranoto dan Pelabuhan Samarinda pada arus mudik lebaran lalu. 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kondisi kota Samarinda sejauh ini pada arus balik lebaran kali tergolong aman dan lancar dari segi kedaruratan bencana.

Hal itu diungkapkan Kepala Unit Siaga SAR Samarinda, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP / Basarnas) Kantor SAR Balikpapan Klas A, Dede Hariana kepada tribunkaltim.co.

Pihaknya menilai, relatif aman dan lancarnya Samarinda lebih disebabkan karena rata-rata warga Samarinda keluar kota pada mudik lebaran, terlebih banyak juga warga yang keluar kota untuk mendatangi tempat wisata.

"Sejauh pantauan kami, Samarinda aman dan lancar, tidak ada insiden maupun kejadian yang terjadi," ucapnya, Rabu (20/6/2018).

Baca: Begini Catatan Pertumbuhan Penumpang di Bandara Balikpapan Tahun 2018

Pemantaun sendiri dilakukan oleh tiga personel Basarnas dibantu unsur relawan, serta instansi terkait lainnya di titik rawan bencana, diantaranya bandara APT Pranoto, pelabuhan Samarinda, serta tempat wisata.

"Untuk di bandara belum terlalu ramai penumpang, namun di pelabuhan cukup ramai. Sementara di tempat wisata kita mobile saja, karena banyak warga Samarinda yang rekreasinya ke Balikpapan, biasanya ke pantai," urainya.

"Diperkirakan besok (21/6/2018) puncak arus balik di pelabuhan Samarinda, jadi kita akan fokus di pelabuhan," tambahnya.

Selain itu, titik rawan bencana lainnya di Samarinda juga terpantau aman, kendati dalam beberapa hari terakhir ini turun hujan yang cukup deras.

Baca: Daftar Pertanyaan Debat Pilgub Kaltim Bakal Tertutup Hingga Hari H

"Di titik risiko bencana lainnya juga tidak ada kejadian, walau hujan beberapa hari ini, namun tidak ada longsor, sempat ada genangan saja," ucapnya.

Dalam pemantauan di titik rawan bencana, pihaknya menyiapkan perlengkapan lengkap, mulai dari peralatan medis untuk pertolongan pertama, kendaraan evakuasi, termasuk rubber boat, serta kelengkapan pendukung lainnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved