Bencana Lingkungan, 33 Gerbong Tanki Lepas dari Rel Tumpahkan Ribuan Barel Minyak Mentah ke Sungai

Rangkaian gerbong lepas dari rel menumpahkan ribuan galon minyak mentah ke sungai yang mengalir ke Lyon County perbatasannya dengan wilayah Sioux.

Bencana Lingkungan, 33 Gerbong Tanki Lepas dari Rel Tumpahkan Ribuan Barel Minyak Mentah ke Sungai
http://kiwaradio.com
Banjir diduga sebagai penyebab kereta pengangkut minyak mentah ini anjlog dari rel. 

TRIBUNKALTIM.CO, DOON - Tragedi kereta api BNSF Railway yang terjerembab hingga menyebabkan tumpahan ribuan galon minyak mentah terjadi di sungai baru-baru ini menggemparkan publik. Akibatnya tumpahan minyak tersebut mengalir di Lyon County selatan dekat perbatasan dengan wilayah Sioux, Amerika.

Upaya pembersihan pasca tragedi sudah dimulai Jumat (22/6/2018), di lokasi rel kereta api BNSF Railway.

Terpaksa dilakukan evakuasai terhadap penduduk dan ternak,  dan mengarahkan tumpahan minyak itu   ke Rock Valley,  ratusan pekerja dan sukarelawan menggunakan karung  pasir membentuk tanggul  untuk melindungi rumah warga yang berada di sisi barat Sungai Rock yangsedang  banjir.

Penyidik ​​belum mengidentifikasi penyebab kecelakaan itu, pihak berwenang setempat meyakini diduga banjir dari Sungai Little Rock di dekatnya menyebabkan tanah di bawah rel tergerus. Air melinpah di dua berdiri rel.

Sebanyak 33 gerbong tanki minyak anjlok dari relnya, menyebabkan ribuan barel minyak tumpah ke sungai.
Sebanyak 33 gerbong tanki minyak anjlok dari relnya, menyebabkan ribuan barel minyak tumpah ke sungai. (wcfcourier.com)

Pejabat negara mengumumkan kepada warga kota lain - termasuk Hawarden, Akron, dan Kota Sioux - bahwa minyak dapat mengalir lebih jauh ke selatan ke sungai lain, dan mungkin pasokan air bakal berkurang. Manusia dan hewan harus menghindari kontak dengan air, Departemen Sumber Daya Alam Iowa menyarankan.

Sungai Little Rock adalah anak sungai Rock River, yang mengalir ke sungai Big Sioux dan bermuara ke Sungai Missouri.

Saat itu 33 gerbong menuju ke selatan dari Alberta, Kanada, ketika kereta itu tergelincir sekitar jam 4:30 pagi hari Jumat pagi. Tidak ada cedera yang dilaporkan, kata Amy McBeth, juru bicara BNSF.

Banjir diduga sebagai penyebab kereta pengangkut minyak mentah ini anjlog dari rel.
Banjir diduga sebagai penyebab kereta pengangkut minyak mentah ini anjlog dari rel. (http://kiwaradio.com)

Tim HAZMAT, ahli lingkungan dan tim BNSF lainnya tiba di lokasi, mereka  menggunakan oil boom penahanan dan skimmer untuk menngisolasi dan mencegah tumpahan minyak agar tidak meluber lebih jauh ke hilir.

"Kami sedang berusaha untuk mengisolaksi tumpahan minyak agar tidak menyebar di lokasi  itu," kata McBeth.

McBeth mengatakan dia tidak dapat mengatakan berapa banyak minyak yang dibawanya atau berapa banyak yang tumpah ke dalam air. Hingga Jumat siang, mobil-mobil itu tetap tenggelam di air. Tidak semua gerbong tanki  bocor, tetapi sejumlah besar, menurut para pengamat.

33 Rangkain gerbong lepas dari el, menyebabkan ribuan barel minyak mentah meluber ke sungai yang sedang banjir.
33 Rangkain gerbong lepas dari el, menyebabkan ribuan barel minyak mentah meluber ke sungai yang sedang banjir. (http://kiwaradio.com)
Halaman
12
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved