Jet Tempur Irak Bombardir Wilayah Hajin Suriah Timur, 45 Anggota ISIS Tewas

Militer Irak mengkalim jet tempurnya bombardir wilayah Hajin, Suriah Timur, menyebabkan 45 anggota dan pimpinan ISIS tewas.

Jet Tempur Irak Bombardir Wilayah Hajin Suriah Timur, 45 Anggota ISIS Tewas
pakistantoday.com
Jet tempur Irak bombardir wilayah Hajin, Suriah Timur, menyebabkan sebanyak 45 anggota termasuk pimpinan ISIS di wilayah itu tewas. 

 
BAGHDAD--  Irak mengatakan, Sabtu (23/6),  telah menewaskan 45 teroris Daesh sebutan untuk ISSI, termasuk anggota senior, dalam serangan udara di Suriah timur, operasi kedua dalam waktu kurang dari sebulan.

Pesawat tempur F-16 Irak melakukan "serangan sukses yang menargetkan pertemuan para pemimpin Daesh" pada hari Jumat di wilayah Hajin, di provinsi Suriah bagian timur Deir Al Zor, kata pernyataan militer.

Di antara mereka yang tewas, katanya, adalah anggota senior dari "kementerian perang" teroris, wakilnya, seorang komandan lokal dan seorang pejabat media. Tidak ada konfirmasi independen.

Tiga rumah yang dihubungkan oleh terowongan bawah tanah juga hancur, katanya, menambahkan bahwa serangan udara dilakukan berdasarkan "intelijen" dan atas permintaan Perdana Menteri Haider Al Abadi.

Hajin, sekitar 50 kilometer dari perbatasan Irak, adalah pusat penduduk terbesar yang masih di bawah kendali Daesh di Suriah.

Pesawat jet Irak tinggalkan landasan membombardir wilayah Hajin, Suriah Timur, sebagai markas komando ISIS.
Pesawat jet Irak tinggalkan landasan membombardir wilayah Hajin, Suriah Timur, sebagai markas komando ISIS. (thedefensepost.com)
Jet tempur Irak bombardir wilayah Hajin, Suriah Timur, menyebabkan sebanyak 45 anggota termasuk pimpinan ISIS di wilayah itu tewas.
Jet tempur Irak bombardir wilayah Hajin, Suriah Timur, menyebabkan sebanyak 45 anggota termasuk pimpinan ISIS di wilayah itu tewas. (pakistantoday.com)

Baca: Model Majalah Pria Dewasa Ini Dirayu dan Dicuci Otak untuk Jadi Anggota ISIS

Baca: Pengadilan Inggris untuk Pertama Kalinya Menghukum Perempuan Simpatisan ISIS di London

Baca: Janda Asal Israel Diduga Jadi Pelatih Pasukan ISIS, Ajari Racik Racun hingga Bom Bunuh Diri

Bulan lalu, Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia yang memantau perang Suriah mengatakan bahwa setidaknya 65 anggota senior Daesh tinggal di Hajin.

Kota itu telah dikepung sejak akhir tahun lalu oleh Pasukan Demokrat Suriah, sebuah aliansi pejuang Kurdi dan Arab yang didukung AS, kata monitor itu.

Angkatan udara Irak telah melakukan beberapa serangan di wilayah yang dikuasai Daesh di Suriah sejak April, termasuk satu sasaran "markas pemimpin geng teroris" di Hajin pada 24 Mei.

Hasil rekaman video serangan pesawat jet tempur Irak ke wilayah Hajin, Suriah Timur.
Hasil rekaman video serangan pesawat jet tempur Irak ke wilayah Hajin, Suriah Timur. (express.co.uk)

Hari berikutnya Irak merilis sebuah video yang menunjukkan pemogokan di sebuah bangunan besar yang dikelilingi oleh pohon palem dan dinding yang kemudian runtuh.

Daesh mengumumkan "kekhalifahan" lintas batas di Suriah dan Irak pada 2014, merebut sepertiga dari Irak selama serangan menyapu.

Para teroris sejak itu kehilangan banyak tempat untuk memisahkan serangan balasan oleh pasukan Suriah dan Irak serta operasi yang dipimpin AS, dan kehadiran teroris telah terbatas pada beberapa kepemilikan di Deir Al Zor.

Baca: Seram, ISIS Ternyata Rencanakan Serang Anak Pangeran William yang Lucu dan Menggemaskan Ini

Baca: Wakil Ketua MPR: Penemuan Senjata Bukti Pernyataan Hillary Clinton ISIS Dibuat Amerika Serikat

Baca: 5 Fakta Seputar IN, Mahasiswi yang Diduga Gabung ISIS dan Dideportasi dari Turki

Bom yang ditembak dari udara melalui jet tempur Irak jatuh di wilayah Hajin, Suriah Timur, lokasi markas ISIS.
Bom yang ditembak dari udara melalui jet tempur Irak jatuh di wilayah Hajin, Suriah Timur, lokasi markas ISIS. (Anadolu Agency)

Pada bulan Desember pemerintah Irak menyatakan kemenangan atas Daesh tetapi militer telah melanjutkan operasi reguler yang menargetkan sebagian besar wilayah gurun di sepanjang perbatasan Suriah yang porus.

Perdana Menteri Al-Abadi, yang blok politisnya berada di urutan ketiga dalam pemilihan parlemen bulan Mei, bertemu hari Sabtu dengan ulama Moqtada Al Sadr, yang bloknya didahulukan, di kota suci Syiah Najaf, kantor Al Abadi mengatakan.

Itu adalah pertemuan pertama antara pasangan itu sejak Sadr dan tempat kedua Hadi Al Amiri, seorang komandan milisi Syiah dan sekutu Iran, mengumumkan aliansi antara blok-blok mereka.

Para pemimpin politik di Irak secara tradisional mengadakan pertemuan seperti itu setelah pemilihan umum sebagai bagian dari proses panjang dan sering rumit dalam membentuk pemerintahan koalisi, karena tidak ada partai yang pernah memenangkan kursi yang cukup untuk membentuk pemerintahan sendiri.(gulfnews.com/ps)

Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved