Warga Binaan di Kaltim Siap Coblos Gubernur

Di Samarinda terdapat Rutan Klas II A Sempaja, Lapas Narkotika Klas III A Bayur dan Lapas Klas II A Sudirman, yang dipenuhi ribuan warga binaan.

Warga Binaan di Kaltim Siap Coblos Gubernur
TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Petugas mengawasi aktifitas warga binaan yang menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 dan 13 Rutan Sempaja di Jl Wahid Hasyim Samarinda Utara, sehari jelang hari pencoblosan, Selasa (26/6/2018). 

SAMARINDA, TRIBUN - Tak hanya warga sipil biasa yang bersiap menentukan pemimpin Kaltim lima tahun kedepan, namun juga warga lainnya yang berada di balik jeruji besi, juga siap berpartisipasi pada Pilgub Kaltim 2018.

Di Samarinda terdapat tiga tahanan, yakni Rutan Klas II A Sempaja, Lapas Narkotika Klas III A Bayur dan Lapas Klas II A Sudirman, yang dipenuhi ribuan warga binaan. Dari pantauan tribunkaltim.co, di Rutan Klas II A Sempaja, sejak Selasa (26/6) sore, usai jam besuk selesai, petugas rutan dibantu warga binaan tengah membangun tenda yang digunakan sebagai TPS.

Terdapat 2 TPS di Rutan tersebut, dengan petugas TPS berasal dari staf maupun pegawai Rutan, kecuali Panwas dan saksi yang berasal dari luar lingkungan Rutan.

"Terkait dengan pencoblosan, kita sudah terbiasa, karena ini bukan Pemilu pertama yang diselenggarakan di dalam rutan. Jadi petugas TPS merupakan pegawai kita sendiri," ucap Kepala Rutan Klas II A Sempaja, Wahyu Susetyo, Selasa (26/6).

Di Rutan sendiri terdapat 1.277 warga binaan yang memiliki hak suara untuk melakukan pencoblosan pada Rabu (27/6) ini. "Besok (hari ini) kita mulai pada hingga pukul 12.00 Wita, seperti biasa berlangsungnya pencoblosan, untuk logistik semuanya sudah di Rutan, tinggal pelaksanaanya besok," ucapnya.

Sama halnya yang terdapat di Rutan, Lapas Narkotika Bayur juga menyiapkan 2 TPS, dan terdapat 1.386 warga binaan yang berhak melakukan pemilihan suara. "Total DPT ada 1.407, namun karena ada yang sudah bebas, meninggal dunia dan pindah Lapas, jadi yang dapat mencoblos besok tinggal 1.386 pemilih," ucap Kepala Lapas Narkotika Klas III A Bayur, Teguh Pamudji.

Dia menilai, persiapan TPS di Lapas telah siap, tinggal pelaksanaannya saja. "Sudah siap, nantinya kita juga dibantu kepolisian dan hansip untuk pengamanan selama pencoblosan," tutupnya.

Sementara itu, pemilih yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Balikpapan diramalkan akan berkurang jumlahnya. Ada berbagai faktor yang menjadikan pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rutan Balikpapan berkurang.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya oleh Tribunkaltim, Sumaryo, Ketua TPS 40 Rutan Balikpapan, menjelaskan, data Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih belum bisa dipastikan sebab diprediksi bisa berkurang.

"Di rutan ada TPS tersendiri. Di dalam ruangan rutan. Dijaga sama dua linmas sama petugas rutan. Logistiknya sudah siap semua," ujarnya pada Selasa (26/6) siang.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved