Partai Komunis dan Pejabat Gereja Rancang Kudeta Duterte

Duterte memutuskan menunda pembicaraan tersebut. Presiden 73 tahun itu mengaku masih harus berunding dengan para penasihatnya.

Partai Komunis dan Pejabat Gereja Rancang Kudeta Duterte
INTERNET
Presiden Filipina Rodrigo Duterte 

TRIBUNKALTIM.CO, MANILA - Militer Filipina menyebut Partai Komunis mempunyai rencana untuk menggulingkan Presiden Rodrigo Duterte.

Kabar tersebut disampaikan setelah militer mendapatkan dokumen dari seorang anggota Tentara Rakyat Baru (NPA) yang menyerahkan diri.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Filipina (AFP), Kolonel Edgard Arevalo berkata, dalam dokumen itu terdapat plot "Pergerakan Kudeta Duterte".

Dilansir Taiwan News Kamis (5/7), plot tersebut mulai direncanakan kelompok tersebut sejak pertengahan 2017 lalu.

Saat itu pada 8 Juni 2017, Duterte tengah merampungkan tahap awal perundingan damai dengan perwakilan dari pemberontak komunis. Perundingan selanjutnya direncanakan digelar di Norwegia pada 21 Juni 2017.

Namun, Duterte memutuskan menunda pembicaraan tersebut. Presiden 73 tahun itu mengaku masih harus berunding dengan para penasihatnya. Dia juga menolak usul menggelar negosiasi di negara asing.

Dia menginginkan pembicaraan diselenggarakan di Filipina sembari meragukan kemampuan Norwegia sebagai negara penengah.

"Mereka mempunyai rencana yang begitu matang, dan memiliki tenggat waktu untuk melaksanakannya pada Oktober ini," kata Arevalo.

NPA merupakan milisi yang dibentuk Partai Komunis Filipina (CPP) dan mendiami kawasan selatan yang dikenal berbukit. Sejak didirikan pada 1969 silam, keberadaan NPA yang kini mempunyai kekuatan 3.000 milisi itu melakukan konflik gerilya dengan pasukan Filipina.

Beredar spekulasi bahwa ada pejabat dari gereja setempat yang bergabung dengan CPP untuk mengudeta mantan Wali Kota Davao tersebut.

Arevalo melanjutkan, militer masih belum tahu kapan persisnya pemberontak bakal melakukan kudeta terhadap Duterte. "Namun, kami bakal memastikan bahwa plot yang dilakukan kelompok tersebut tidak akan berjalan dengan sukses," tegas Arevalo. (*)

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Beredar Plot Pemberontak Komunis Bakal Kudeta Duterte pada Oktober

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved