Edisi Cetak Tribun Kaltim

Rekapitulasi Pilgub Kaltim 2018, Isran - Hadi Kuasai Samarinda dan Berau

Lima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota serentak menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilihan Gubernur

Rekapitulasi Pilgub Kaltim 2018, Isran - Hadi Kuasai Samarinda dan Berau
Tribun Kaltim
Tribun Kaltim 

TRIBUNKALTIM.CO  - Lima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota serentak menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018. Setelah KPU Kota Balikpapan, Kabupaten Paser, PPU dan Kutim, Kamis (5/7) giliran KPU Kota Samarinda, Bontang, Kabupaten Berau, Mahakam Ulu dan Kubar.

"Hari ini paling banyak (KPU Kabupaten/Kota) menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara. Ada lima daerah yang rekapitulasi. Menyusul terakhir besok hari (hari ini), Kukar," ujar Komisioner KPU Provinsi Kaltim M Syamsul Hadi, Kamis (5/7).

KPU Kota Samarinda menggelar rekapitulasi suara di Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Setelah rekapitulasi suara 10 kabupaten/kota se Kaltim selesai, selanjutnya akan dibawa ke rapat pleni rekapitulasi provinsi.

Baca: Rita Widyasari Jalani Sidang Vonis Hari Ini

KPU Provinsi Kaltim mengagendakan pelaksanaan rapat koordinasi lebih dahulu pada Sabtu (7/8), sebelum nantinya lakukan rekapitulasi tingkat provinsi pada Minggu (8/8) yang juga bertempat di Hotel Bumi Senyiur Samarinda.

Sementara untuk pelaksanaan penetapan calon terpilih, kemungkinan dilakukan 3 hari setelahnya, pada 11 Juli 2018.

Dari empat kabupaten/kota sebelumnya yang sudah melakukan rekapitulasi suara, yakni Balikpapan, Paser, Kutim, dan PPU, pasangan calon Isran Noor- Hadi Mulyadi sudah unggul di dua daerah, yakni Paser dan PPU. Sementara untuk Balikpapan dikuasai paslon Rusmadi-Safaruddin, sedangkan Kutai Timur dimenangkan paslon Syaharie Jaang- Awang Ferdian.

Hasil rekapituasi di KPU Kota Balikpapan, Rusmadi-Safaruddin menempati posisi pertama dengan 83. 491 suara, disusul Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi 82.488 suara. Selanjutnya Isran-Hadi 68.647 suara, dan Jaang-Ferdian 22.155 suara.

Baca: Ini 5 Fakta Mengenai Sidang Lanjutan Perceraian Sule dan Lina, Begini Permintaan Sang Anak

Dari 6 kecamatan, Rusmadi-Safaruddin menguasai 3 kecamatan, yakni Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Timur. Sofyan-Rizal unggul di Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah, dan Selatan. Menariknya, walupun tak mampu menang mutlak, pasangan Isran-Hadi meraih suara signifikan di hampir semua kecamatan, khususnya Balikpapan Tengah dan Utara.

Sementara di Kutim, paslon nomor urut 2, Jaang-Ferdi meraih suara terbanyak dengan 32. 464 suara, disusul Isran-Hadi 30.949 suara. Posisi ketiga Rusmadi-Safaruddin 20.296 suara, dan terakhir Sofyan-Rizal 17.254 suara.

Hasil rapat pleno rekapitulasi suara di KPU Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), paslon Isran-Hadi meraih suara terbanyak dengan 23.271 suara. Kemudian Sofyan Hasdam-Rizal Effendi 22.582 suara, Jaang-Ferdian 19.908 suara, Rusmadi-Safaruddin 15.370 suara.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved