PDAM Survei Studi Pra Kelayakan, Minta Warga Balikpapan Ikut Partisipasi

PDAM Kota Balikpapan akan melakukan survei studi pra kelayakan terkait kajian sosial untuk memenuhi kebutuhan air baku

PDAM Survei Studi Pra Kelayakan, Minta Warga Balikpapan Ikut Partisipasi
TRIBUN KALTIM/SITI ZUBAIDAH
Haidir Effendi, Dirut PDAM Tirta Balikpapan saat ditemui di Kantor Pemkot Balikpapan, Selasa (8/5/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - PDAM Kota Balikpapan akan melakukan survei studi pra kelayakan terkait kajian sosial untuk memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat. Seperti diketahui, kebutuhan air baku di Kota Balikpapan hingga saat ini belum mencukupi. Berdasarkan analisa PDAM Kota Balikpapan, kebutuhan air baku sebanyak 1.900 liter per detik, sedangkan yang ada saat kapasitas produksi baru 1.450 liter per detik.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi pernah mengatakan, salah satu sumber air bersih yang tengah dikaji adalah pasokan air baku di Sungai Tengin di kawasan Semoi Sepaku, Penajam Paser Utara. Kapasitas sungai tersebut diperkirakan dapat menampung 1.000 liter per detik.

Saat ini masih dalam tahap mengkaji kebutuhan air baku dengan rencana pengambilan air baku dari Sungai Tengin. PDAM bekerja sama dengan CDIA (The Cities Development Initiative For Asia) mengawali kegiatan studi pra kelayakan dalam lingkup kajian sosial.

Baca: Lima Kandidat Siap Perebutkan Kursi Rektor Unmul, Ini Bocoran Visi-Misi Mereka

Survei ini untuk mengetahui minat masyarakat terhadap keinginan dalam membayar dan menjadi pelanggan air bersih, khususnya pelanggan rumah tangga.

Dirut PDAM Kota Balikpapan Haidir Effendi mengatakan, tujuan survei untuk mencapai sasaran sebagai berikut, meningkatkan peran serta masyarakat dalam perencanaan pembangunan, mengetahui kondisi dan akses masyarakat terhadap fasilitas kesehatan, air bersih, sanitasi, persampahan, dan drainase.

Selain itu untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan masyarakat, menentukan prioritas, mengetahui tingkat kemauan membayar, serta kemampuan masyarakat itu sendiri. Survei ini menggambarkan kondisi nyata dari adanya kebutuhan di tingkat masyarakat.

Baca: Warga Semakin Resah, Buaya Muara Menerkam Bocah Siswa SD

Kegiatan survey pihak ketiga melibatkan 14 tenaga surveyor yang disebar di beberapa tempat wilayah Balikpapan dengan area yang sudah ditentukan.

Direksi PDAM mengimbau kepada masyarakat Balikpapan berpartisipasi mengisi formulir kuisioner yang sudah disiapkan saat surveyor berkunjung ke rumah warga. Survei tersebut penting untuk mendapatkan masukan ataupun saran dari masyarakat pelanggan.

Untuk meyakinkan kegiatan survei tersebut, silakan menghubungi Call Center PDAM 0542- 878991 atau 878992 dan SMS Center 0816200110. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved