Universitas Airlangga Kaji Pelayanan Dasar di Balikpapan

Mau tahu apa yang akan dikaji, melihat sejauh mana proses pelayanan prima ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat,

Universitas Airlangga Kaji Pelayanan Dasar di Balikpapan
Tribun Kaltim/Budi Susilo
Pemkot Balikpapan bersama Universitas Airlangga gelar focus group discussion di Hotel Tjokro Balikpapan di Jl Marsma Iswahyudi, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Senin (9/7/2018) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN -Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Balikpapan melibatkan Universitas Airlangga Surabaya melakukan kajian dalam focus group discussion di Hotel Tjokro Balikpapan, Jalan Marsma Iswahyudi, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Senin (9/7/2018) pagi.

Saat bersua dengan Ketua Komisi I DPRD Balikpapan, Faisal Tola, menyatakan, pelaksanaan focus group discussion ini mendatangkan beberapa ahli dari perguruan tinggi Universitas Airlangga, Surabaya.

"Peneliti dalam bidang sosial ekonomi dan pemerintahan dari lembaga pengabdian masyarakat di kampus Airlangga," ungkapnya kepada Tribunkaltim di sela-sela acara.

Baca: Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Diundur? Kemenpan RB Gunakan 5 Akun Ini untuk Sampaikan Informasi

Ia menyatakan, kegiatan ini memiliki tujuan penting untuk melihat seperti apa kajian mengenai pelayanan prima di pemerintahan termasuk juga upaya dari kebijakan perlindungan masyarakat 

"Mau tahu apa yang akan dikaji, melihat sejauh mana proses pelayanan prima ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat," tutur Tola.

Dia menambahkan, alasan melibatkan Universitas Airlangga Surabaya karena melihat dari beberapa kota lainnya di Indonesia banyak yang memakai kajian dari Universitas Airlangga.

Baca: Nadine Chandrawinata Ungkapkan Alasan Dirinya Jatuh Cinta dengan Dimas Anggara

Berharap, kata Tola, bisa memberikan manfaat penting dari pertemuan ini. Sebab ada evaluasi atas pelayanan dasar di antaranya dari sisi bidang kesehatan, pendidikan, bidang pekerjaan umum penataan ruang dan bidang sosial masyarakat.

"Ada masukan dan saran yang bisa dipakai nanti yang bisa dijalankan oleh pemerintah Kota Balikpapan," tegasnya.

Kegiatan ini targetnya, menyusun dan pembuatan kajian pelayanan prima, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di Kota Balikpapan.

Baca: Pagi Hari, 1 Rumah di Balikpapan Nyaris Terbakar

Menurut Tola, pelaksanaan focus group discussion ala Universitas Airlangga dilatarbelakangi adanya permasalahan atau aduan yang muncul dari masyarakat terkait adanya pelayanan dasar oleh pemerintah daerah.

Kemudian munculnya penanganan keluhan aduan masyarakat yang dianggap belum optimal dan mencapai hasil yang maksimal karena itu perlu kajian suatu lembaga yang khusus menangani berbagai keluhan dari masyarakat secara terintegrasi.

"Diskusinya menganalisis permasalahan yang sering muncul dalam pelayanan dasar. Para ahli memberikan masukan kepada pemerintah kota tentang alternatif kebijakan untuk mewujudkan pelayanan prima di bidang pelayanan dasar," ujar Tola.

Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved