Pilpres 2019

Begini Reaksi Anies Ketika Luhut Mengingatkannya Pernah Bersama Jadi Timses Jokowi-JK

Kan, dulu tim sukses, kemudian enggak sama sama tim sukses, beda. Kalau sudah beda, kan, enggak boleh berantem

Begini Reaksi Anies Ketika Luhut Mengingatkannya Pernah Bersama Jadi Timses Jokowi-JK
KOMPAS.com/NURSITA SARI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (18/1/2018) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan pernah berjuang bersama dalam tim sukses berkampanye untuk Jokowi dan Jusuf Kalla pada Pilpres 2014. Tapi, belakangan hubungan politik Anies dan Jokowi "merenggang".

Anies tidak lagi dipertahankan sebagai Menteri Pendidikan. Hingga kemudian, Anies dan Luhut bertemu lagi dalam satu panggung ketika Anies sudah menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Bagaimana reaksi Anies Baswedan ketika Luhut menyinggung kenangan saat dirinya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sama-sama berkampanye memenangkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Awalnya, Luhut ditanya wartawan saat sesi doorstop mengenai isi pidatonya pada acara Konsultasi Nasional HKBP 2018 di Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (10/7/2018). Sebab, sebelumnya Luhut sempat menyinggung soal tim sukses di depan Anies yang juga hadir pada acara itu.

"Kan, dulu tim sukses, kemudian enggak sama sama tim sukses, beda. Kalau sudah beda, kan, enggak boleh berantem, enggak boleh dendam. Enggak boleh juga suara-suara bohong, bicara yang baik, Pak Anies, kan, orang baik juga," ujar Luhut.

Saat berbicara itu, Luhut belum ditemani Anies. Dia kemudian mencari-cari Anies untuk ikut melayani pertanyaan wartawan bersama-sama. Setelah beberapa saat, Anies bergabung dalam sesi wawancara itu. Luhut pun menceritakan kepada Anies apa yang dia sampaikan pada wartawan sebelumnya. Baca

"Saya bilang tadi Pak Anies kita dulu kampanye sama-sama. Sekarang beda kampanye, kan, enggak apa-apa juga, teman juga," kata dia. 

Meski demikian, Anies memilih untuk tidak ikut membahas hal tersebut. Dia terlihat sedikit menunduk kemudian membahas acara yang dia dan Luhut hadiri hari ini.

"Ya tadi saya sampaikan selamat kepada HKBP, sudah 156 tahun lebih bertahan karena itu penting saat ini untuk mengantisipasi perubahan zaman," ujar Anies.

Anies mengapresiasi HKBP sebagai organisasi keagamaan yang sukses selama ratusan tahun. Dia berpesan kepada HKBP untuk selalu siap menghadapi perubahan zaman. "Pastikan bahwa kegiatan-kegiatannya sesuai dengan generasi 21," katanya. 

[ Jessi Carina]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Mengenang Jadi Timses Jokowi-Jusuf Kalla, Reaksi Anies...",

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved