Piala Dunia 2018

Jelang Laga Prancis vs Belgia, Henry Jadi Musuh Bersama

THIERRY Henry berada dalam situasi yang sangat ganjil. Legenda Prancis ini sekarang berada dalam posisi strategis di kubu Belgia.

Jelang Laga Prancis vs Belgia, Henry Jadi Musuh Bersama
GLYN KIRK/AFP
Mantan striker Arsenal, Thierry Henry. 

TRIBUNKALTIM.CO - THIERRY Henry berada dalam situasi yang sangat ganjil. Legenda Prancis ini sekarang berada dalam posisi strategis untuk merancang tersingkirnya negaranya dalam duel kontra Belgia di semifinal Piala Dunia 2017 di Saint-Petersburg, Rabu (11/7) dini hari.

Henry akan duduk di bench Belgia, sebagai asisten mendampingi pelatih utama Roberto Martinez. Ia akan beradu strategi dengan mantan rekannya di timnas Prancis, Didier Deschamps yang kini membesut Les Bleus.

Henry, dan Deschamps bermain bersama saat mengantarkan Prancis juara Piala Dunia 1998. "Ini situasi yang aneh karena ia legenda di Prancis, dan kini duduk di bench musuh. Tapi bagaimana pun, saya sangat menghormatinya. Saya bahagia melihatnya sekarang," ujar Deschamps yang sudah enam tahun mengarsiteki Les Bleus ini.

Baca: Usai Laga Timnas U-19 Indonesia Kontra Thailand, Peristiwa Tak Diinginkan Terjadi di Dalam Stadion

Henry, yang mengemas 51 gol dari 123 penampilan di timnas, membela Prancis di empat kali Piala Dunia. Ia menyumbangkan satu trofi juara pada 1998, runner-up pada 2006, dan juga bermain pada Piala Dunia 2002, dan 2010.

Sejak dua tahun terakhir, ia menjadi asisten Martinez di Belgia. Keberadaannya diakui telah memberikan pengaruh positif sangat besar untuk tim.

"Ia sangat penting bagi kami. Ia bercerita tentang harinya yang gemilang sebagai pemain, dan itu memberi inspirasi bagi kita. Keberadaannya, pengalamannya di Piala Dunia, semua memberi pengaruh positif," ujar bek Belgia, Toby Alderweireld.

"Ia selalu mendorong kami untuk melebihi kemampuan terbaik kami. Ia selalu mendorong kami untuk menang," kata gelandang Kevin De Bruyne menambahkan.

Di Belgia, Henry kini dipuja-puja. Tapi di negaranya sendiri, ia menjelma jadi musuh bersama. Setidaknya, persepsi itu terpatri di benak striker Prancis, Olivier Giroud.

Ia memang punya perseteruan pribadi setelah merasa harga dirinya terkoyak gara-gara disebut Henry sebagai biang kegagalan Arsenal merebut juara Liga Primer.

Baca: Hasil Sementara Piala AFF Timnas U-19 Indonesia vs Thailand, Babak Pertama Indonesia Kalah 1-0

"Bisakah Anda membayangkan Giroud membawa Arsenal memenangkan liga? Saya rasa tidak,” ujar Henry ketika itu.

Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved