Kebakaran di Anggana, 35 Rumah Hangus, Kerugian Ditaksir Capai Rp 5 Miliar

Sebanyak 35 unit rumah warga hangus terbakar di Desa Sungai Mariam RT 13 dan 14, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kukar

Kebakaran di Anggana, 35 Rumah Hangus, Kerugian Ditaksir Capai Rp 5 Miliar
HO/Polsek Anggana
Sebanyak 35 unit rumah di Desa Sungai Mariam RT 13 dan 14, Kecamatan Anggana, Kukar, ludes terbakar, Minggu (15/7/2018) dini hari. Ratusan korban ditampung sementara di Masjid Siraju Tholibin 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 35 unit rumah warga hangus terbakar di Desa Sungai Mariam RT 13 dan 14, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kukar, Minggu (15/7) sekitar pukul 02.00 dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 5 miliar.

Sebanyak 41 kepala keluarga (KK) atau 138 jiwa kehilangan tempat tinggal. Ratusan warga korban kebakaran diungsikan di Masjid Siraju Tholibin.

Ketua RT 13 Desa Sungai Mariam, Jamaluddin mengatakan, kebakaran terjadi ketika sebagian besar warga sedang tertidur lelap. Bahkan rumah bangsalan 15 pintu miliknya juga ikut terbakar.

"Rumah saya tidak kena (terbakar) karena jauh dari lokasi kebakaran, tapi rumah bangsalan saya yang kena," ujarnya.

Baca: AKBP Y Dicopot dari Jabatannya, Wanita Pelaku Pencurian Juga Dihukum Percobaan Tiga Bulan

Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Akses lokasi kebakaran yang jauh membuat petugas pemadam kesulitan menjangkaunya. Api cepat merambat ke pemukiman padat penduduk di bantaran Sungai Mahakam yang terbuat dari kayu.

Sekitar pukul 03.20 wita, bantuan mobil petugas pemadam dan balakar dari Samarinda datang ke lokasi.

Terpisah Kapolsek Anggana Iptu Baharuddin mengemukakan, diduga api bersumber dari rumah Hj Tora di lantai 2. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dari rumah Hj Tora.

Dari keterangan saksi, lanjutnya, saat kejadian angin bertiup kencang ke arah timur, lalu berbalik arah ke barat sehingga api merambat ke rumah warga lainnya di deretan bantaran Sungai Mahakam, termasuk gudang kepiting dan udang milik Sadik, warga RT 13. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.30 wita.

Baca: Final Piala Dunia 2018 - Buah Teknologi VAR, Griezmann Kembali Bawa Prancis Unggul Lewat Titik Putih

Camat Anggana Norhairi mengatakan, data terakhir dilaporkan sebanyak 35 unit rumah warga hangus terbakar dan rusak sebagian. "Korban kebakaran ditampung di Masjid Siraju Tholibin. Hingga siang ini, bantuan makanan dan pakaian terus berdatangan dari warga dan pengusaha sekitar," ujar Norhairi. (*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved