Pemilu 2019

Ini Dia Sejumlah Caleg DPR RI Kaltim Berlatar Kepala Daerah

Sejumlah mantan kepala daerah di Kaltim dikabarkan akan ikut bertarung di perebutan kursi DPR RI.

Ini Dia Sejumlah Caleg DPR RI Kaltim Berlatar Kepala Daerah
KOMPAS/PRIYOMBODO
Suasana gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Rafa A Dwinanto

TRIBUN KALTIM.CO, SAMARINDA - Sejumlah mantan kepala daerah di Kaltim dikabarkan akan ikut bertarung di perebutan kursi DPR RI.

Diketahui, Bumi Etam mendapat kuota sebanyak delapan Anggota DPR RI. Praktis, perebutan delapan kursi Senayan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 Kaltim bakal seru.

Beberapa nama tenar seperti Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, eks Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy, dua eks Walikota Bontang Sofyan Hasdam dan Adi Darma santer disebutkan akan ikut berebut kursi DPR RI.

Ada pula nama eks Bupati Kutai Barat Ismail Thomas, serta Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar.

Baca: Orang Gila di Samarinda Bertambah, Ini Pengakuan Dinas Sosial

Awang Faroek dan Sofyan Hasdam dikabarkan menggunakan perahu Partai NasDem.

Sedangkan Adi Darma menggunakan perahu Golkar, Farid Wadjdy menggunakan perahu PPP, dan Ismail Thomas dan Yusran Aspar akan memakai perahu PDIP.

"Mengusung Pak Farid (Wadjdy) ini menjadi strategi kita untuk mempertahankan tradisi kursi DPR RI dari PPP di Kaltim," ujar Ketua DPW PPP Kaltim, Rusman Yaqub.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Rudiansyah pun membenarkan sejumlah nama eks kepala daerah bakal ikut berebut kursi DPR RI.

Baca: Pengajuan Bacaleg, Sementara Hanya PSI Saja yang Partai Pendatang Baru

Namun, Rudi menyebut, pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, akan dilakukan di KPU RI. "Bukan di KPU Provinsi," kata Rudi, Selasa (17/7/2018).

Meski demikian, sejumlah nama eks kepala daerah itu belum tentu lolos sebagai Caleg DPR RI.

"Kan nanti pendaftarannya di DPR RI. Kemudian KPU RI akan verifikasi lagi. Nanti kita bisa lihat siapa-siapa yang maju di DPR RI saat pengumuman DCS (daftar caleg sementara) oleh KPU RI," ujar Rudi.

Baca: Data Belum Lengkap, Pengurus PPP Terpaksa Pulang

Persaingan memerebutkan kursi Senayan dari Bumi Etam kian seru lantaran eks Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Rusmadi dan Safaruddin juga dikabarkan akan maju ke DPR RI.

Perebutan makin sengit lantaran sejumlah Anggota DPR RI incumbent asal Kaltim juga akan kembali ikut bertarung. Sebut saja Hetifah Sjaifudian dari Golkar, dan Kasriyah dari PPP. (*)

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved