Pompa BBM Mini Perlu Dilengkapi Standar Proteksi Kebakaran

Tumbuhnya usaha pompa mini di Balikpapan, harus disertai dengan standar pencegahan kebakaran.

Pompa BBM Mini Perlu Dilengkapi Standar Proteksi Kebakaran
TRIBUN KALTIM/NALENDRO PRIAMBODO
Seorang pembeli mengisi BBM di salah satu pompa BBM Mini di kawasan Balikpapan Utara. Ahli K3 menyarankan pompa tersebut perlu dilengkapi Standar Proteksi Kebakaran seperti pompa BBM konvensional. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Nalendro Priambodo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tumbuhnya usaha pompa mini di Balikpapan, harus disertai dengan standar pencegahan kebakaran.

Dibutuhkan regulasi yang mengatur usaha pompa mini, karena menyangkut keselamatan kerja karyawan dan masyarakat sekitar dari risiko kebakaran.

Walaupun belum ada regulasi khusus yang mengatur soal standar keamanan unit usaha ini. Namun, menurut Dewan Nasional Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Isradi Zainal, mengacu pada Undang-undang no 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, sudah seharusnya setiap orang, peralatan dan potensi sumber bahaya, wajib diproteksi dari potensi bahaya eksternal maupun internal.

Dan, walaupun usahanya kecil, seharusnya ada standar sistem proteksi kebakaran yang sama dengan pompa konvensional, karena resikonya kurang lebih sama.

Baca: Polda Kaltim Bongkar Jaringan Sabu di Ibu Kota Kaltim, Bekuk 9 Warga Samarinda

"Semua (usaha) yang punya potensi bahaya, wajib dapat semacam evaluasi sistem proteksi kebakaran dari pihak terkait," ujar Isradi, Rabu (18/7/2018).

Sistem proteksi itu meliputi, tersedianya Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di lokasi kerja.

Tak hanya itu, pengusaha yang bersangkutan wajib menyiapkan dan menunjuk petugas bersertifikat yang kompeten menangani kebakaran, agar segala hal terproteksi dan terkendali dengan baik.

Setelah alat dan petugas tersedia, perlu dibuat emergency respon team atau tim tanggap darurat, baik yang bertugas memadamkan api, menghubungi pemadam dan lain sebagainya, sehingga, potensi kebakaran bisa diminimalisir dampaknya.

Sinergi alat dan petugas, sistem dan regulasi ini penting, meminimalisir potensi kebakaran.

Halaman
123
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved