Tempest, Jet Tempur Generasi Keenam Rancangan Inggeris

Jet tempur terbaru Inggris, Tempest, yang diungkap dalam festival dirgantara di Farnborough pada 16 Juli lalu.

Tempest,  Jet Tempur Generasi Keenam Rancangan Inggeris
AFP / TOLGA AKMEN
Model pesawat jet tempur terbaru Inggris, Tempest, yang diungkap dalam festival dirgantara di Farnborough pada 16 Juli lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, FARNBOROUGH-- Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson secara resmi memperkenalkan rancangan pesawat jet tempur terbaru milik angkatan udaranya dalam sebuah pameran penerbangan.

Berbicara dalam ajang Farnborough Air Show, pada Senin (16/7/2018) lalu, Williamson mengungkap bentuk awal jet tempur yang diberi nama Tempest tersebut.

Melansir dari BBC, Williamson memaparkan kemampuan dari jet tempur masa depan Inggris tersebut yang dapat diterbangkan menggunakan kendali jarak jauh.

Model pesawat jet tempur terbaru Inggris, Tempest, yang diungkap dalam festival dirgantara di Farnborough pada 16 Juli lalu.
Model pesawat jet tempur terbaru Inggris, Tempest, yang diungkap dalam festival dirgantara di Farnborough pada 16 Juli lalu. (AFP / TOLGA AKMEN)

Baca: Pesawat Jet Israel Bombardir Dataran Tinggi Golan Wilayah Suriah

Baca: Jet Tempur Irak Bombardir Wilayah Hajin Suriah Timur, 45 Anggota ISIS Tewas

Baca: Jet Pribadi Mendiang Elvis Presley akan Dilelang Ulang, Begini kondisinya

"Jet ini akan dapat diterbangkan baik dengan pilot maupun difungsikan seperti sebuah drone," kata Williamson.

Dia menambahkan, selain demi meningkatkan pertahanan negara dari ancaman luar, proyek pembuatan jet tempur terbaru tersebut juga bertujuan untuk memastikan Inggris tetap menjadi yang terdepan dalam teknologi dan kendali wilayah udara dalam pertempuran di masa depan.

VIDEO- Tempest Pesawat Jet Tempur Baru Inggeris

"Kita telah menjadi yang terdepan dalam sektor pertempuran udara selama seratus tahun, baik dalam kemampuan maupun teknologi." "Dan strategi ini akan mempertegas bahwa kita bertekad untuk mempertahan hal tersebut," kata Williamson.

Inggris saat ini tidak dilibatkan dalam program tempur terbaru yang tengah berlangsung antara Perancis dan Jerman. Namun demikian Williamson menegaskan bahwa Inggris tidak menentang pembentukan kerja sama dengan negara-negara lain.

"Ini menunjukkan jika kita terbuka untuk kerja sama demi melindungi wilayah udara dari ancaman yang terus meningkat di masa depan."

Beginilah kecanggihan baru yang ditampilkan Inggeris dalam membuat pesawat jet tempur baru generasi VI
Beginilah kecanggihan baru yang ditampilkan Inggeris dalam membuat pesawat jet tempur baru generasi VI (theaviationist.com)
Tempest, jet tempur terbaru rancangan Inggeris.
Tempest, jet tempur terbaru rancangan Inggeris. (thetimes.co.uk)
Jet tempur generasi VI, rancangan Inggeris ini diberi nama Tempest.
Jet tempur generasi VI, rancangan Inggeris ini diberi nama Tempest. (lancerdefense.files.wordpress.com)

Baca: Senat AS Sahkan Larangan Jual Jet Tempur Termahal F-35 ke Turki

Baca: Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Laut Okinawa, Pilot Selamat Gunakan Kursi Pelontar

Baca: Untuk Pertama Kali, China Libatkan Jet Siluman J-20 Latihan Tempur di Laut China Selatan

"Model jet ini menunjukkan sekilas tentang akan seperti apa masa depan," lanjutnya. Diungkapkan Williamson, pemerintah Inggris telah menginvestasikan dana hingga 2 miliar poundsterling (sekitar Rp 37,6 triliun) untuk proyek jet tempur tersebut yang diharapkan sudah akan siap dan dapat diterbangkan pertama kali pada 2035.

Pengembangan jet tempur Tempest tersebut akan dilakukan bersama dengan perusahaan penerbangan BAE Systems, pembuat mesin Rolls-Royce, desainer Italia Leonardo, dan ahli misil MBDA.

Nantinya jet tempur tersebut akan menggantikan unit pesawat jet Typhoon, milik angkatan udara Inggris.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Inggris Ungkap Bentuk Jet Tempur Terbarunya", https://internasional.kompas.com/read/2018/07/19/05150041/inggris-ungkap-bentuk-jet-tempur-terbarunya.
Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved