5 Hari Ditutup, Jalan Sumber Rejo Dua Balikpapan kini Dibuka Kembali

Selama lima hari Jalan Sumber Rejo Dua, Kota Balikpapan, ditutup tak bisa dilintasi sejumlah kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

5 Hari Ditutup, Jalan Sumber Rejo Dua Balikpapan kini Dibuka Kembali
Tribun Kaltim/Budi Susilo
Kondisi Jl Sumber Rejo Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (20/7/2018) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Selama lima hari Jalan Sumber Rejo Dua, Kota Balikpapan, ditutup tak bisa dilintasi sejumlah kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Namun kini, jalan ini sudah bisa lagi di akses oleh masyarakat luas, bisa dipakai para pengguna kendaraan bermotor, Jumat (20/7/2018) pagi.

Kala itu, ditutupnya Jalan Sumber Rejo Dua karena warga setempat membuat perbaikan infrastruktur drainase dan permukaan jalan yang kondisinya dianggap tak layak.

Baca: Persib Bandung Nomor 1 di Asia dan 6 di Dunia saat Interaksi Facebook, Kalahkan Chelsea dan Juventus

Pengamatan Tribunkaltim.co, sekitar pukul 07.00 Wita, sejumlah kendaraan sepeda motor dan mobil sudah leluasa melintasi Jl Sumber Rejo Dua dengan kondisi jalan raya yang mulus, bersih dan dilengkapi rintangan polisi tidur.

Titik rusaknya jalan dan drainase yang buruk berada di Jl Sumber Rejo Dua perempatan Gang Pendowo dan arah jalan yang menghubungkan Sumber Rejo Satu dan ke kawasan komplek Balikpapan Baru.

Pengerjaan tersebut diinisiasi secara langsung oleh warga Sumber Rejo Dua dari RT 40 dan RT 37, Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Saat dikonfirmasi, Ketua RT 40, Haryoto Sudjono, menjelaskan, pengerjaan penambalan jalan melalui cara semenisasi, dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

Baca: Citra Scholastika Unggah Komentar Soal IIs Dahlia Usir Waode Karena Penampilannya Tanpa Make Up

Termasuk, kata dia, pembuatan drainase yang selama ini tidak ada sama sekali, kemudian dibuat oleh warga dimulai dari kesadaran sendiri tanpa berharap belas kasih dari kucuran anggaran Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

"Jalan rusak sudah pernah di aspal, rusak lagi. Saluran air juga tidak ada, begitu hujan deras muncul genangan air. Jalanan cepat rusak. Diperbaiki sama warga, semua gotong royong patungan beli bahan material untuk pengerjaannya," ungkapnya kepada Tribunkaltim.

Pengerjaan perbaikan Jl Sumber Rejo Dua ini berlangsung sejak Minggu 15 Juli 2018 hingga 16 Juli 2018. Situasi jalan ditutup, pengendara kendaraan dilarang melintas.

Baca: Menteri Enggartiasto Bakal Jadi Irup HUT RI di Maratua

Kemudian usai adanya pengerjaan perbaikan, mulai masuk 17 Juli jalanan dalam kondisi pemulihan, hingga akhirnya tepat pada 20 Juli 2018 jalanan dibuka kembali buat umum, jalanan bisa berfungsi kembali.

Pengerjaan infrastruktur jalan tersebut, termasuk drainase telah menghabiskan biaya sekitar Rp 3 juta lebih untuk dibelanjakan bahan material seperi di antaranya batu bata, pasir putih, semen dan batu koral.

Kata Haryoto, semua dana yang diperoleh berasal dari patungan warga dari RT 40 dan RT 37, Sumber Rejo Dua.

"Kami mohon maaf kepada warga yang biasa melintas, bila selama ada perbaikan mengalami halangan. Sekarang jalan sudah bisa dilewati. Terima kasih warga yang sudah mau ikut berpartisipasi menyumbang," ungkap pria pensiunan dari sebuah perusahaan minyak ini. 

Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved