Agustus, Gamacorp mulai Bangun Pabrik CPO di Bontang, Dibutuhkan 5 Ribu Pekerja

Persiapan pembangunan pabrik pengolahan Crude Palm Oil (CPO) di Kelurahan Bontang Lestari, Kota Bontang berjalan lancar.

Agustus, Gamacorp mulai Bangun Pabrik CPO di Bontang, Dibutuhkan 5 Ribu Pekerja
TRIBUN KALTIM/dok
Walikota Bontang, Neni Moerniaeni 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Persiapan pembangunan pabrik pengolahan Crude Palm Oil (CPO) di Kelurahan Bontang Lestari, Kota Bontang berjalan lancar. Dalam tempo kurang dari setahun, pihak investor Gamacorp berhasil menyelesaikan tahapan krusial yakni pembebasan lahan industri seluas 100 hektare.

PT Energi Unggul Persada yang merupakan anak perusahaan Gamacorp menargetkan, pembangunan pabrik CPO yang ditaksir menelan investasi senilai Rp 2 triliun, mulai memasuki tahap groundbreaking, Agustus mendatang.

"Mereka (pihak Gamacorp) sudah menyampaikan proggres pembebasan lahan 100 hektar sudah rampung. Kalau tidak ada kendala bulan Agustus nanti pabrik CPO di Bontang, sudah bisa Groundbreaking," ujar Walikota Bontang Neni Moerniaeni.

Baca: Penjualan Semen Domestik Menyusut 11,10% Menjadi 3,32 Juta Ton

Menurut Neni, pembangunan pabrik pengolahan CPO di Bontang sudah lama dinantikan warga. Proyek ini bakal menyerap ribuan tenaga kerja. Hasil presentasi dari pihak managemen Gamacorp pabrik pengolahan CPO mampu mempekerjakan 5 ribu orang. Potensi ini tentunya berimbas positif bagi Kota Bontang.

Pihak investor pun berkomitmen bakal memberdayakan tenaga kerja lokal. Termasuk perusahaan lokal sebagai rekanan. "Saya sudah tekankan, kepada semua pelaku usaha yang berminat investasi di Bontang agar memprioritaskan tenaga kerja lokal, baik saat konstruksi maupun setelah beroperasi," ungkap Neni.

Selain membuka lapangan kerja, pembangunan pabrik pengolahan CPO pertama di Kaltim tersebut, diyakini bakal berdampak positif bagi perekonomian Bontang termasuk Kaltim. Salah satunya, mampu memenuhi kebutuhan minyak goreng skala domestik dan mendorong lahirnya industri turunan dari pengolahan CPO.

Baca: Hadiri Peresmian Gerai Markobar Gibran Rakabuming, Hotman Paris Sebut Tak Cari Koneksi

Dijelaskan Neni, pemkot memberikan kemudahan bagi investor untuk menanamkan modal mereka ke daerah. Kota Bontang, lanjut Neni, sangat diminati oleh investor karena lokasinya yang strategis.

Untuk pabrik refinery CPO misalnya. letak Bontang persis diapit oleh sejumlah daerah penghasil minyak sawit. Kutai Timur, Kutai Kartangera, Berau dan lainnya dapat mengakses jalur darat maupun laut. (*)

Penulis: Udin Dohang
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved