Razia Serentak di Lapas dan Rutan se Kaltim, Ini yang Ditemukan Petugas

Razia di Lapas maupun Rutan dilakukan serentak se Indonesia, pada Minggu (22/7/2018) malam kemarin, hingga Senin (23/7/2018) dini hari

Razia Serentak di Lapas dan Rutan se Kaltim, Ini yang Ditemukan Petugas
HO / Kanwil Kemenkum HAM Kaltim
Personel gabungan dari Kanwil Kemenkum HAM Kaltim menggelar razia serentak di Lapas dan Rutan di Kaltim, Senin (23/7/2018). 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Razia di Lapas maupun Rutan dilakukan serentak se Indonesia, pada Minggu (22/7/2018) malam kemarin, hingga Senin (23/7/2018) dini hari tadi.

Razia tersebut dilakukan secara mendadak dengan target utama fasilitas khusus yang diberikan ke salah satu warga binaan.

Kendati demikian, Lapas dan Rutan di Kaltim tidak ditemukan adanya fasilitas khusus, seperti yang ada di Lapas Sukamiskin.

Kendati demikian pihaknya masih mendapati sejumlah handphone, gunting, kipas kecil, hingga kabel.

Baca: Kurang dari 24 Jam, Dua Pelaku Pencurian Burung Murai di Samarinda Berhasil Dibekuk

"Fasilitas khusus tidak ada, hanya saja masih terdapat handphone kita dapati saat razia tadi malam," ucap Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum (Kanwil Kemenkum) dan HAM Kaltim Agus Saryono, didampingi Kadiv Pemasyarakatan, Marselina B, Senin (23/7/2018).

"Memang razia ini serentak dilakukan diseluruh Indonesia, semua blok, sel, ruangan kita periksa," tambahnya.

Lanjut dia menjelaskan, pemberian fasilitas khusus kepada warga binaan sangat tidak mungkin terjadi di Rutan maupun Lapas yang di Kaltim, pasalnya Lapas dan Rutan yang ada kekurangan ruangan akibat over kapasitas.

"Fasilitas khusus memang tidak boleh, apalagi satu tahanan menempati satu ruangan sendiri, itu tidak ada, dan karena ruangan yang ada dipenuhi tahanan, satu ruangan saja bisa diisi 60-99 orang," urainya.

Baca: Laut Balikpapan Tercemar Tumpahan Minyak, Wawali Pertanyakan Pengawasan KSOP

"Tahanan kasus korupsi memang cukup banyak, tapi tidak ada yang diperlakukan khusus, walaupun blok kasus korupsi tidak digabung dengan kasus lainnya, termasuk blok kasus narkotika," tambahnya.

Dia pun berharap, razia tersebut tidak hanya dilakukan karena akibat kasus yang terjadi di Lapas Sukamiskin, namun harus tetap dilakukan secara berkelanjutan.

Baca: Mantan Danjen Kopassus Laporkan Petinggi Mabes Polri ke Kompolnas

"Sebelum razia ini, kita rutin melakukan razia dengan waktu yang acak, yang dilakukan oleh Satgas Kemenkum HAM dan petugas Lapas maupun Rutan," tutupnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved