Pilgub Kaltim 2018

Usai Tetapkan Pemenang Pilgub 2018 Kaltim, Ini yang Akan Dilakukan KPU

Taufik juga mengapresiasi keempat calon yang bertarung di Pilgub Kaltim. Menurut Taufik, semua Paslon di Pilgub Kaltim menunjukkan sikap ksatria.

Usai Tetapkan Pemenang Pilgub 2018 Kaltim, Ini yang Akan Dilakukan KPU
TRIBUN KALTIM / RAFAN DWINANTO
KPU Kaltim, Bawaslu, Paslon Pilgub Kaltim beserta partai pengusung dan tim pemenangan berfoto bersama di pleno penetapan pemenang Pilgub 2018 Kaltim 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018 telah berakhir.

Kini, masyarakat tinggal menunggu pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim terpilih, periode 2018-2023, yang direncanakan berlangsung di Istana Negara, akhir Desember mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muhammad Taufik, usai memimpin Pleno penetapan pemenang Pilgub Kaltim, Selasa (24/7/2018), di Hotel Bumi Senyiur Samarinda.

"Kita sudah serahkan berita acara pleno penetapannya ke DPRD dan Pemprov Kaltim. Nanti juga kita serahkan ke KPU RI. Jadi tinggal menunggu pelantikan saja, Desember nanti sesuai dengan usainya masa jabatan Gubernur saat ini. Nanti dilantik di Istana Negara," kata Taufik.

Taufik juga mengucapkan terima kasih kepada semua komponen masyarakat di Kaltim yang telah menjaga Pilgub, sehingga berlangsung aman dan damai.

Baca juga:

Mahkamah Konstitusi Tegaskan Pengurus Partai Politik Dilarang Jadi Anggota DPD

Ousmane Dembele Salurkan Bonus dari Piala Dunia 2018 untuk Bangun Masjid di Negara Asalnya

Dapat Asistensi Polda Kaltim, Penyelidik Kepolisian Balikpapan Investigasi Kasus Pencemaran Minyak

Borneo FC Siap Coret Satu Pemain Asing

Bahkan, kata Taufik, Pilgub Kaltim bisa jadi percontohan bagi daerah lain lantaran tidak ada gugatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita sudah menetapkan Gubernur terpilih secara aman dan lancar. Ini prestasi semua pihak, masyarakat Kaltim. Karena, sukses tidaknya pemilu bergantung dari semua pihak, bukan hanya penyelenggara saja," kata Taufik.

Taufik juga mengapresiasi keempat calon yang bertarung di Pilgub Kaltim. Menurut Taufik, semua Paslon di Pilgub Kaltim menunjukkan sikap ksatria.

"Pilgub Kaltim bisa jadi percontohan dari daerah lain. Semua Paslon bersikap ksatria dan memberikan selamat kepada pemenang, tanpa gugatan. Kompetisi boleh sengit, pertarungan boleh panas, demokrasi bisa berdinamika, tapi endingnya kita tetap bersatu. Karena bukan orang lain, tapi kita semua bersaudara," tutur Taufik. (*)

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved