Terjadi 15 Kebakaran Serentak 74 Orang Tewas, Yunani Umumkan Keadaan Darurat

Terjadi kebakaran 15 lokasi dalam tempo hampir bersamaan, menyebakan 70 orang tewas, Yunani mengumumkan keadaan darurat.

Terjadi 15 Kebakaran Serentak 74 Orang Tewas, Yunani Umumkan Keadaan Darurat
EPA
Puluhan bahkan ratusan mobil pun habisa dimangsa jago merah yang membara di wilayah wisata pantai Rafina, Yunani. 

TRIBUNKALIM.CO, YUNANI--  Petugas pemadam kebakaran menemukan 26 orang dewasa dan anak-anak, Selasa sore (24/7),  berkumpul satu sama lain dan saling berpelukan, akibat kebakaran hutan di lokasi wisata pantai Rafina, Yunani.

Korban itu merupakan sebagian dari 74 orang tewas terbakar, akibat kobaran api yang pantai di sekitar Athena. Yunani pun mengumumkan kondisi darurat. Korban tewas terbaru dikonfirmasi oleh brigade pemadam kebakaran Yunani pada Selasa sore.

Tim penyelamat menemukan 26 korban tergeletak di dekat puncak tebing yang menghadap ke pantai di desa Mati.

Yunani membara
Api pun menyambar di sebuah lokasi resort  pantai di wilayah Yunani (EPA)
Puluhan bahkan bisa mencapai ratusan mobil di jalanan pun tersambar api yangterbawa angin kencang sehingga mengalangi warga yang akan lari menjauh dari kobaran api.
Puluhan bahkan bisa mencapai ratusan mobil di jalanan pun tersambar api yangterbawa angin kencang sehingga mengalangi warga yang akan lari menjauh dari kobaran api. (EPA)

“Mereka telah mencoba menemukan rute pelarian, tetapi sayangnya orang-orang ini dan anak-anak mereka tidak datang tepat waktu. Secara naluriah akhirnya mereka berkumpul, mereka berpelukan, ” tutur Nikos Economopoulos, kepala Palang Merah Yunani, mengatakan kepada TV Yunani.

Keluarga terjebak di balik dinding asap tebal saat, lalu berusaha melarikan diri ke arah laut. Api membarakencang kaibta hambusan angin  kencang segera menyilati  mobil yang terjebak dalam kemacetan, sehingga menyumbat jalur  pelarian.

Beberapa orang berhasil mencapai pantai, berdiri di air atau berenang keluar untuk menghindari panas.

Evakuasi laut massal diluncurkan,  menggunakan armada perahu pribadi yang bergabung dengan kapal militer, penjaga pantai dan helikopter tentara untuk menyelamatkan lebih dari 700 orang.

Foto dari udara menggunakan drone Amerika Serikat, api membakar banyak rumah warga.
Foto dari udara menggunakan drone Amerika Serikat, api membakar banyak rumah warga. (AP)
Rumah warga hangus terbakar bersama semak-semak belukar di Yunani.
Rumah warga hangus terbakar bersama semak-semak belukar di Yunani. (EPA)

Perdana Menteri Alexis Tsipras, mempersingkat perjalanan ke Bosnia, meminta bantuan darurat Uni Eropa dari Uni Eropa dan menyatakan tiga hari berkabung, tetapi menambahkan: "Kita tidak boleh membiarkan berkabung membanjiri kita, karena jam-jam ini adalah jam pertempuran, persatuan, keberanian dan di atas semua solidaritas. ”

Orang-orang berlindung dari api di sepanjang pantai di Argyris Akti, Nea Makri, Yunani

Korban termuda dianggap bayi berusia enam bulan yang meninggal karena menghirup asap, sementara tiga wanita dan seorang anak tenggelam di laut mencoba melarikan diri menghidari api.

Petugas penyelamat dikerahkan dibantu oleh pasukan pemadam kebakaran, polisi dan tentara untuk mengevakuasi sekitar 700 orang yang terjebab dalam kebakaran.
Petugas penyelamat dikerahkan dibantu oleh pasukan pemadam kebakaran, polisi dan tentara untuk mengevakuasi sekitar 700 orang yang terjebab dalam kebakaran. (EPA)
Kebakaran serentak di Yunani, memakan 70 orang korban jiwa. Ditemukan 26 orang dewasa dan anak tewas dalam kondisi berpelukan.
Kebakaran serentak di Yunani, memakan 70 orang korban jiwa. Ditemukan 26 orang dewasa dan anak tewas dalam kondisi berpelukan. (EPA)

Yunani meminta bantuan drone AS “untuk mengamati dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan”, karena tiba-tiba muncul 15 kebakaran secara serentak pada waktu yang sama di tiga wilayah berbeda.

Halaman
123
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved