Rokok Ilegal Ditemukan di Toko Klontong di Kutim

Rokok dengan beragam merek yang tidak familiar di masyarakat, ditemukan aparat di beberapa toko klontong yang dilakukan operasi pasar.

Rokok Ilegal Ditemukan di Toko Klontong di Kutim
Tribun Kaltim/Margaret Sarita
Pemusnahan ribuan batang rokok ilegal di Kutim 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Pemusnahan ribuan batang rokok ilegal sempat menyita perhatian banyak pihak. Karena dugaan rokok yang diperoleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC) Sangatta, merupakan rokok produk dalam negeri.

Bukan produk luar yang masuk secara ilegal ke Indonesia.

Rokok dengan beragam merek yang tidak familiar di masyarakat, ditemukan aparat di beberapa toko klontong yang dilakukan operasi pasar.

"Jadi kami melakukan operasi pasar di tujuh kecamatan di Kutai Timur yang bisa dijangkau. Sambil melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap produk ilegal yang masuk ke toko atau warung masyarakat," kata Kepala KPPBC Sangatta, Hari Murdiyanto, dalam jumpa awak media di Sangatta, Kamis (26/7).

Baca: Meski Banyak Pemainnya yang Absen, Pelatih Persib Bandung Target Raih 3 Poin Kontra Persebaya

Operasi pasar, kata Heri penting untuk melihat sejauh mana penyimpangan masyarakat terhadap rokok yang menggunakan pita cukai palsu.

"Kami edukasi dulu, karena masyarakat saat dititipi rokok dengan harga murah, sangat senang. Tapi pengetahuan tentang identifikasi rokok ilegal, tidak tahu," ujar Hari.

Baca: Nama Elon Musk Menjadi Nama Favorit Para Penipu di Twitter. Apa Penyebabnya?

Kakanwil Kalimantan bagian Timur, Bea Cukai, Agus Sudarmadi mengatakan penertiban soal cukai rokok, sangat penting.

Terutama dari sisi penerimaan negara. Karena penerimaan dari sisi pita cukai memiliki komposisi 70 persen dari penerimaan cukai.

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved