Sebelum Meninggal, Mantan Walikota Samarinda, Waris Husain Berpesan Citra Niaga Kembali Dihidupkan

Jenazah almarhum Waris Husain, mantan Walikota Samarinda periode 1985 - 1995 mengikuti prosesi pelepasan dan menerima penghormatan terakhir

Sebelum Meninggal, Mantan Walikota Samarinda, Waris Husain Berpesan Citra Niaga Kembali Dihidupkan
Tribun Kaltim/Doan Pardede
Prosesi pelepasan dan pemberian penghormatan terakhir kepada mantan Walikota Samarinda almarhum Waris Husain di Balaikota Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa, Jumat (27/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Jenazah almarhum Waris Husain, mantan Walikota Samarinda periode 1985 - 1995 mengikuti prosesi pelepasan dan menerima penghormatan terakhir dari ASN di jajaran Pemkot Samarinda di teras Balaikota Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa, Jumat (27/7/20118).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltim diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Sa'bani, dan Walikota Samarinda diwakili oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda, Sugeng Chairuddin.

Sekkot Samarinda Sugeng Chairuddin menuturkan bahwa Waris Husain merupakan salah satu putra terbaik Kota Samarinda.

Di Pemkot Samarinda, Waris Husain meniti karir dari bawah. Sempat menjadi Kepala Bagian, Sekkot, hingga akhirnya menjadi Walikota Samarinda.

Baca: Warga Manfaatkan Air di Bekas Lubang Tambang di Samarinda Tempat Kernet Truk Tewas Tenggelam

Selama memimpin sebagai Walikota Samarinda, ada banyak karya yang sudah dipersembahkan untuk Kota Samarinda. Yang paling mengemuka adalah membangun kompleks pertokoan Citra Niaga yang sudah meraih penghargaan internasional Aga Khan Award for Architecture (AGAA).

"Prestasi yang diberikan beliau juga cukup banyak untuk Kota Samarinda," ujarnya.

Saat Waris Husain mulai dirawat di RSUD AW Syahranie sekitar 1 bulan, Sugeng mengaku masih sempat ngobrol-ngobrol. Kala itu, Waris Husain berpesan agar Citra Niaga kembali dihidupkan.

Baca: Mengaku Bersalah, Bintang UFC Connor McGregor Dihukum Kerja Sosial Selama Lima Hari

"Beliau berpesan, ananda, Citra Niaga hidupkan kembali. Jadikan itu kebanggaan Kota Samarinda," ujarnya.

Pesan ini, menurut Sugeng akan mendapatkan perhatian khusus. Seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Samarinda, para pemangku kepentingan, akan bekerjasama untuk merealisasikan pesan-pesan Waris Husain tersebut.

"Insya Allah ini amanah yang beliau sampaikan dan kami akan pegang teguh," ujarnya.

Sama seperti Kepala-Kepala daerah yang telah terlebh dahulu meninggal dunia, nama Waris Husain akan diabadikan menjadi nama jalan. Namun untuk jalan mana yang diberi nama Waris Husain, masih akan dibahas lebih lanjut.

Baca: Dalam Semalam Saja, Bos Facebook Alami Kerugian Lebih Dari Rp 217 Triliun

Usulan agar nama jalan di seputaran Citra Niaga saja yang diberi nama Waris Husain, menurutnya cukup baik. Apalagi, kata Sugeng, sebagai seseorang yang juga ikut 'membidani', nama Waris Husain memang selalu identik dengan Citra Niaga.

"Kita lihatlah ya. Bisa saja (di seputaran Citra Niaga) usulan itu bagus," ujarnya.

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved