Ibadah Haji 2018

Banyak Calhaj Asal Balikpapan Alami Hipertensi, Ini Faktor Penyebabnya

Sebanyak 450 jamaah calon haji (calhaj) kloter 1 asal Kota Balikpapan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional SAMS Sepinggan

Banyak Calhaj Asal Balikpapan Alami Hipertensi, Ini Faktor Penyebabnya
Tribun Kaltim/Fachmi Rachman
Petugas avsec bandara sams sepinggan Balikpapan melakukan periksaan barang bawaan jemaah yang tidak sesuai dengan regulasi penerbangan internasional di gedung jabal Noor asrama haji batakan Balikpapan, Jumat (27/7/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Sebanyak 450 jamaah calon haji (calhaj) kloter 1 asal Kota Balikpapan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional SAMS Sepinggan, Jumat (27/7) sekitar pukul 11.25 Wita. Jamaah calhaj kloter pertama ini dilepas oleh Meilina, Pj Sekretaris Provinsi Kaltim.

Lima tenaga pendamping terdiri dari ketua kloter, sekretaris dan 3 tenaga medis ikut bersama jamaah haji kloter 1 ini. Menurut Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim sekaligus Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Balikpapan, H Sofyan Noor, jamaah dari Emarkasi Balikpapan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 747-400 nomor penerbangan GA 4101.

"Sebelum berangkat para calhaj sudah dibekali materi tentang ibadah haji, ada juga pengecekan kembali barang bawaan. Semua itu dilakukan guna memberikan pelayanan kepada jamaah yang akan berangkat," kata Sofyan Noor usai pelepasan kloter di Asrama Haji Balikpapan.

Baca: Plt Bupati Kukar Minta Calhaj Doakan Kukar, 10 Bus Antar Jamaah ke Balikpapan

Meilina dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para jamaah calhaj yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah. "Tidak semua orang dapat kesempatan haji. Jaga kesehatannya selama di Tanah Suci, serta jaga nama baik bangsa dan daerah," ujar Meiliana.

Kloter pertama diperkirakan tiba di Madinah sekitar pukul 18.35 waktu setempat. Petugas dari Avsec Bandara SAMS memeriksa barang bawaan para jemaah calhaj sebelum melakukan penerbangan.

Imam Sujarwo, calhaj asal Sepinggan, Balikpapan mengaku sudah siap menempuh penerbangan sekitar 11 jam menuju Madinah. "Insyaallah sudah siap semuanya. Kita juga sudah ikuti semua peraturan dari petugas. Semoga semua bisa berjalan lancar dan sampai Madinah dengan selamat," ujar Imam

Sebelum diterbangkan menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, jamaah calhaj kloter 1 Balikpapan telah bersiap sejak dini hari, Jumat (27/7). Seorang jemaah mengaku merasa kelelahan mempersiapkan segala hal sebelum pergi menuju Tanah Suci.

Baca: Kabar Sedih untuk Fans Boyband Spectrum, Kim Dongyoon Meninggal Dunia. . .

Hasil pemeriksaan kesehatan ulang di Asrama Haji Batakan Balikpapan ditemukan banyak jamaah calhaj yang mengalami hipertensi. "Ada jamaah calhaj yang berangkat hari ini mengalami hipertensi dan mengeluh kelelahan," ungkap H Sofyan Noor, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim.

Jamaah yang mengalami hipertensi rata-rata berusia 50 tahun ke atas. "Sudah ditangani tim medis, bisa diturunkan lagi tensinya, hipertensinya itu muncul karena jamaah ada yang alami stress dan kurang istirahat," kata Sofyan Noor.

Meilina, Pj Sekprov Kaltim saat pelepasan jamaah haji menyatakan pelaksanaan pemberangkatan haji tahun ini kian baik dan terstruktur. "Kami sangat mengapresiasi Kakanwil Kemenag, pak Sofyan dan jajarannya sudah begitu bekerja keras. Saya lihat pemberangkatan ini semakin lebih baik ketimbang tahun-tahun sebelumnya," ujar Meilina.

Baca: Ventilasi Cup Holder di Mobil Ini jadi Pembeda, Cocok untuk Iklim Indonesia

Halaman
12
Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved