Edisi Cetak Tribun Kaltim

Gempa 6,4 SR Guncang Lombok, Pendaki Rinjani Panik Dihujani Batu

Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada Skala Richter(SR) mengguncang wilayah Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Gempa 6,4 SR Guncang Lombok, Pendaki Rinjani Panik Dihujani Batu
Tribun Kaltim
Tribun Kaltim 

TRIBUNKALTIM.CO - Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada Skala Richter(SR) mengguncang wilayah Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu, sekira pukul 06.47 WITA.   

Gempa tersebut untuk sementara mengakibatkan 14 orang meninggal dunia, satu orang di antaranya warga negara Malaysia yang tengah berwisata di kawasan Gunung Rinjani.

Hasil analisis sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi tersebut pada koordinat 8,26 lintas selatan, dan 116,55 bujur timur. Gempa tersebut kemudian diikuti serangkaian gempa susulan.

"Getaran gempa cukup besar dan relatif lama. Guncangan juga masih terasa," kata Amroni, seorang warga kelurahan Kebon Sari, Kota Mataram, yang berhamburan keluar rumah bersama seluruh anggota keluarganya saat terjadi gempa.

Baca: Denada Jual Apartemen Mewahnya Untuk Biaya Pengobatan sang Putri

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan korban hingga sore sebanyak 14 orang meninggal dunia. "Data sementara berdasarkan laporan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat, tercatat 14 orang meninggal dunia, 162 jiwa luka‑luka dan ribuan unit rumah rusak," sebut Sutopo.

Sutopo menjelaskan, kondisi terparah akibat gempa terdapat di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Di Lombok Timur ditemukan 10 orang meninggal dunia, yaitu Isma Wida (30) warga negara Malaysia, Inaq Marah (60), Inaq Rumenah (58), Aditatul Aini (27), Herniwat (30), Inaq Hikmah (60), Fatin (80), Egi (17), Wisnu (8),dan Hajratul (8).

Sebanyak 67 orang luka berat dan ratusan jiwa luka sedang dan luka ringan. Kerusakan rumah mencapai lebih dari 1.000 unit rumah baik rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Hingga saat ini pendataan masih dilakukan.

Baca: Putri Amien Rais Posting Foto Prabowo Berpasangan dengan Ustaz Abdul Somad

Sementara di Lombok Utara terdapat 4 orang meninggal dunia yaitu Juniarto (8), Rusdin (34), Sandi (20), dan Nutranep (13). Sebanyak 38 jiwa luka berat yaitu 12 orang luka‑luka dirawat di Puskesmas Senaru, 15 orang di Postu Sambikelen, 1 orang di RSUD Tanjung, dan 10 orang di Puskesmas Anyar.

Data sementara kerusakan rumah terdapat 41 unit rusak berat, 74 unit rusak sedang dan 148 unit rusak ringan. Sebanyak 6.237 KK terdampak gempa. Beberapa laporan kerusakan rumah juga terdapat di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kota Mataram. Sampai saat ini pendataan masih dilakukan oleh BPBD.

Hingga pukul 13.00 waktu setempat telah terjadi 104 kali gempa susulan. "Kami meminta masyarakat untuk tetap waspada, namun tetap tenang dan jangan panik," kata Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati, saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved