Breaking News:

Ini Alasan Lanud Tarakan Pakai Nama Anang Busra

Tepat 26 Juli 2018 Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meresmikan delapan nama Lanud, satu di antaranya Lanud Tarakan.

TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Kolonel Penerbang Mochammad Arifin bersama istri memperlihatkan prasasti Lanud Tarakan menjadi Lanud Anang Busra yang ditandatangani KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kamis (26/7/2018) di Apron Hanggar Lanud Manuhua Biak Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Junisah

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN -  Tepat 26 Juli 2018 Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meresmikan delapan nama Lanud, satu di antaranya Lanud Tarakan.

Lanud Tarakan kini resmi namanya menjadi Lanud Anang Busra.

Apa Anang Busra itu?

Danlanud Anang Busra, Kolonel Penerbang Mochammad Arifin menceritakan, Anang Busra ini sebuah nama anggota TNI AU yang berasal dari Malinau dan pernah bertugas di Pos TNI AU di Tarakan pada tahun 1990-an.

Baca: SBY Sebut Ada 100 Juta Warga Indonesia Miskin, Ini Data yang Digunakan

“Tahun 1990-an itu belum ada Lanud dan masih Pos TNI AU, waktu itu beliau (Anang Busra) masih bertugas di Lanud Balikpapan. Karena beliau orang Provinsi Kaltara dan lahir di Malinau, akhirnya beliau ditugaskan di Pos TNI AU Tarakan yang kebetulan waktu itu masih satu dengan Lanud Tarakan,” ucapnya, Selasa (31/7/2018).

Tak hanya itu saja, kata pria yang akrab disapa Arifin, Anang Busra setelah pensiun menjadi TNI AU pernah menjadi anggota DPRD Kota Tarakan dari fraksi TNI/Polri.

“Beliau ini juga sahabat dari Walikota Tarakan Sofian Raga,” katanya.

Arifin mengungkapkan, melihat hal inilah, akhirnya Lanud Tarakan mengusulkan nama Anang Busra untuk dijadikan nama Lanud di Tarakan.

Baca: Dukung Jokowi di Pilpres 2019, Antasari Azhar Ungkapkan Sudahilah Era yang Pernah Zalim

“Apalagi kita diminta Mabes TNI AU untuk pemberian nama itu harus nama orang yang berjasa di daerah tersebut biar ada kearifan lokal,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Junisah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved